Weick Theory of Organization

 Weick Theory of Organization

Pendekatan sistem Karl Weick (pelopor pendektan sistem informatif) menganggap struktur hierarki, garis rantai komando organisasi, prosedur operasi standar merupakan musuh dari inovasi. Teori Weick tentang perorganisasian mempunyai arti penting dalam komunikasi karena ia menggunakan komunikasi sebagai basis pengorganisasian manusia dan memberikan dasar logika untuk memahami bagaimana orang berorganisasi.

  1. Structuration Theory

Teori pertama yang memiliki keterkaitan dengan struktur organisasi ini adalah teori birokrasi yang diperkenalkan oleh Max Weber, seorang teoretisi terkenal sepanjang zaman. Ia mendefinisikan organisasi sebagai sistem dari suatu aktivitas tertentu yang bertujuan dan berkesinambungan. Inti dari teori Weber mengenai birokrasi adalah konsep mengenai kekuasaan, wewenang dan legitimasi.

  1. Organizational Culture Theory

Organisasi adalah objek penelitian yang menakjubkan karena merupakan objek manusia yang menggambarkan sebagian dari kita semua. Tingkat kemampuan seorang individu dalam “membaca” dan menghargai sebuah organisasi lebih daripada sekedar pengetahuan teknis. Bila budaya dianggap sebagai sebuah himpunan artefak simbolik yang dikomunikasikan kepada anggota organisasi untuk pengendalian organisasi, maka komunikasi dapat diartikan sebagai pembentukan pemahaman, proses komunikasi itu sendiri menjadi pusat perhatian utama karena proses inilah yang merupakan pembentukan makna tersebut.

  1. Organizational Information Theory

Teori informasi organisasi merupakan sudut pandang dari komunikasi yang menganggap bahwa organisasi sebagai suatu sistem pemrosesan informasi. Dalam komunikasi organisasi terdapat berbagai informasi yang perlu diproses untuk mencapai tujuan organisasi.

  1. Teori Integratif dalam Komunikasi Organisasi: Suatu Pandangan Kolaboratif

Berangkat dari kerangka pikir klasik yang dikemukakan oleh Weber mengenai struktur dan fungsi organisasi, teori-teori sistem yang antara lain dikemukaakan oleh Chester Barnard, Don jelKatz dan Robert Kahn, Herbert Simon dan James March, dianggap telah memberikan semacam otot dan daging bagi kerangka yang telah disusun oleh Weber.

baca juga