Tujuan Pembangunan Ekonomi Makro

Tujuan Pembangunan Ekonomi Makr

Tujuan Pembangunan Ekonomi Makro

Tujuan Pembangunan Ekonomi Makr
Tujuan Pembangunan Ekonomi Makr

Kebijakan ekonomi makro yang dilakukan oleh setiap negara secara bersama-sama dilakukan oleh setiap negara secara bersama-sama dilakukan oleh pemerintah dan swasta bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul dan mungkin timbul dalam perekonomian,

di mana pemerintah sebagai regulatornya dan swasta sebagai pelaksananya. Diharapkan dari perpaduan tersebut akan dapat tercapai keadaan perekonomian yang diidam-idamkan seperti:

Tingkat Kesempatan Kerja yang Tinggi

Pada dasarnya negara manapun didunia ini tidak menginginkan adanya pengangguran dalam perekonomian, karena selain berdampak buruk bagi sendi kehidupan sosial masyarakat juga merupakan beban ekonomi negara yang harus ditanggung baik dari segi ekonomi maupun politik.

Dalam kondisi idela tidak adanya pengangguran memang sangat diharapkan akan tetapi pada kenyataannya tingkat pengangguran dari tahun ke tahun selaku ada dan banyak, dan situasinya memang tidak dapat dihilangkan. Apa yang dapat dilakukan oleh negara adalah mengurangi tingkat pengangguran sampai pada tingkat yang moderat (full employment) yaitu di mana semua lapangan pekerjaan yang disedikan oleh negara (swasta dan pemerintah) terisi penuh oleh para pencari kerja (angkatan kerja).

Kapasitas Produksi Nasional yang Tinggi

Untuk negara-negara yang tergolong masih berkembang dan terbelakang perekonomiannya, usaha peningkatan kapasitas produksi memanglah merupakan suatu keharusan, yaitu dengan cara melakukan investasi di segala bidang yang sesuai dengan peruntukan dan kebutuhan yang tepat.

Tingginya rendahnya kapsitas produksi tergantung dari tinggi rendahnya investasi, sedangkan investasi (dalam negeri) tergantung dari tingkat tabungan dalam negeri (suku bunga), tingkat tabungan (dalam negeri) tergantung dari tingkat bunga dan pendapatan masyarakat. Dengan demikian untuk meningkatkan kapasitas produksi dalam negeri maka peningkatan pendapatan masyarakat perlu dilakukan dengan cara meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengembangkan teknologi (pemberdayaan sumber daya).

Baca Juga :