Tujuan Hijrah Dan Dakwah Rasulullah SAW Periode Madinah

Tujuan Hijrah Dan Dakwah Rasulullah SAW Periode Madinah

Tujuan Hijrah Dan Dakwah Rasulullah SAW Periode Madinah

Tujuan Hijrah Dan Dakwah Rasulullah SAW Periode Madinah
Tujuan Hijrah Dan Dakwah Rasulullah SAW Periode Madinah

Umat islam pasti mengenal istilah hijrah. Lalu apa yang dimaksud dengan hijrah? Hijrah adalah berpindah Dan yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah hijrah rasulullah saw.

Dan para pengikutnya ke madinah. Maka dari itu istilah hijrah disini dapat diartikel sebagi pindahnya rasulullah saw dari mekkah ke madinah pada tanggal 12 rabiul awal tahun hijrah , tepatnya 28 juni 622 m. adapaun yang menjadi tujuan hijrah rasulullah saw dan para pengikutnya pada waktu itu adalah:

#Menyelamatkan diri dari berbagai macam tekanan kaum kafir quraisy yang diterima oleh umat islam

#Untuk mendapatkan kemanan dan kebebasan dalam berdakwah serta beribadah , sehingga dapat meningkatkan dakwah ke jalan allah swt dalam rangka menegakkan kalimat tauhid.

Dakwah rasulullah saw periode madinah

Dakwah rasulullah saw periode madinah berlangsung selama 10 tahun dari tanggal 12 rabiul awal tahun pertama hijriah sampai wafatnya rasulullah saw yakni tanggal 12 rabiul awal tahun ke 11 hijriah.

pada periode madinah, meteri dakwah yang di sampaikan rasulullah saw. Yakni tentang ajaran islam yang terkadung dalam 89 surah makiyah dan hadis yang didampingkan kepada periode madinah, 25 surah madinah dan hadis yang di sampaikan pada periode madinah

Objek dakwah rasullulah saw. Pada periode madinah yakni orang-orang telah masuk islam dari kalangan muhajirin dan ansar, serta orang –orang yang baru masuk islam.

Pada dasarnya rasulullah saw, di utus oleh allah untuk umat manusia di dunia bukan untuk bangsa arab saja, hal ini seperti yang dijelaskan oleh allah swt dalam surah al-anbiya ayat 107

Surah al-anbiya ayat 107

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam
Pada saat berdakwah di madinah ,nabi Muhammad saw. Dan para pengikutnya masih medapatkan tekanan dari kaum quraisy . tidak hanya itu, kaum quraisy selain menghalangi-halangi orang yang akan masuk islam. Mereka juga berusaha melenyapkan islam dan umatnya dari muka bumi. Setelah turun surah al-hajj ayat 39, maka rasulullah dan para pengikutnya menyusun rencana untuk menghadapi berbagai ancaman dari kaum kafir quraisy maka peperangan pun tidak dapat dihindari. Peperangan yang dilakukan oleh rasulullah saw. dan para pengikutnya ketika di madinah bertujuan untuk:

#Membela diri dan kehormatan
#Demi menjamin kelancaran dalam berdakwah di jalan allah
#Memelihara umat islam agar tidak hancurkan oleh musuh

Peperangan-peprangan yang pernah dilakukan oleh rasulullah saw pada saat di madinah antara lain:

perang badar

Perang badar terjadi 17 ramdhan tahun 2 hijriah . perang badar terjadi di dekat sebuah sumur milik badar yakni terletak antara mekah dan madinah. Kaum muslimin pada waktu itu berjumalah 314 orang sedangkan kafir quraisy 1000 orang yang lengakap dengan perlatannya. Sedangkan kaum muslimin dengan senjata seadanya. Strategi rasululah saw. Dalam perang badar yakni dengan menguasai penampungan air . hal ini sagat dibutuhkan kadua belah pihak.
Sawaktu kedua pasukan saling berhadapan, maka tiba-tiab seorang kafir quraisy bernama aswad bi as’ad . ia ingin menghacurkan kolam penampungan air yang dimilki kaum muslimin tatapi hal ini dapat digagalkan oleh hamzah bin abdul muthalib dan aswad pun tewas dipukul dengan pedang.

Peperangan dimulai dengan perang tanding satulawan satu dari pihak quraisy di wakili 3 orang yaitu utbah, syaiabah bin rabiah dan al walid utbah. Dari kaum muslimin di wakili ubaidah bi harits , ali bin abi thalib dam hamzah bin abdul muthalib

perang uhud

Perang uhud terjadi pada pertengahan bulan sya’ban tahun ketiga hijriah tepatnya pada bulan januari tahun 625 m. peperangan terjadi di gunung uhud, sebelah utara kota madinah. Oleh karena itu peperangan ini dinamakan perang uhud. Perang ini terjadi karena kaum quraisy ingin membalas peperangan kekalahan di perang badar sebelumnya.

kaum muslimin berjumlah 700 orang sedangkan kaum kafir quraisy berkekuatan 3000 orang. Dalam peperangna ini mata islam di pimpin oleh nabi Muhammad saw. Sedangkan kaum quraisy di pimpin oleh abu sufyan bi harb, yang didampingi istrinya hindun penyair yang mempunyai suara yang bagus untuk memberi semangat dan menghibur pasukannya.

Pada perang ini kaum muslimim mengalami kekalahan.

Adapun sebab-sebab kekalahan kaum suslimin antara lain:

#Tentara panah yang berjumlah 50 orang ingkar kepada rasulullah saw
#Adanya kaum munafiq sebanyak 300 orang
#Terjadinya perbedaan pendapat antara kaum tua dan muda tentang tempat peperangan yang mudah ingin di luar kota, sedangkan kaum tua ingin betahan dalam kota madinah.

perang khandaq (ahzab)

Perang khandaq terjadi pada bulan syawal tahun kelima hijriah, tepatnya pada bulan maret tahun 627 M. perang ini terjadi di sebelah utara kota madinah. Perang ini disebut khandaq (parit) karena kaum muslimim mebuat parit pertahanan . dinamakan dengan perang ahzab Karena kaum kafir quraisy bersekutu dengan penduduk lain yang berada di sekitar kota mekah.

Pada waktu itu kaum muslimin berkekuatan sebanyak 3000 orang sedangkan kaum quraisy bekekuatan 10000 orang. Kaum muslimin di pimpin oleh nabi Muhammad saw, didampingi oleh ali bin abi thalib , sedangkan kaum kafir quraisy di pimpin abu sufyan. Peperangan ini dimenangkan oleh kaum muslimin dengan cara betahan di balik parit atau khandaq. Parit ini dibuat atas usulan dari sahabat rasulullah yang bernama salman al-farisi seorang sahabat yang berasal dari bangsawan Persia yang mengembara mencari kebenaran.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2016/05/30-doa-doa-harian-terlengkap-beserta-artinya.html