Transportasi dan Evakuasi

 Transportasi dan Evakuasi

 Transportasi dan Evakuasi

 Transportasi dan Evakuasi

  1. transportasi

Merupakan kegiatan pemindahan korban dari tempat darurat ke tempat yang fasilitas perawatannya lebih baik, seperti rumah sakit. Biasanya dilakukan bagi pasien/ korban cedera cukup parah sehingga harus dirujuk ke dokter.

  1. Evakuasi

adalah kegiatan memindahkan korban dari lokasi kecelakaan ke tempat lain yang lebih aman dengan cara-cara yang sederhana di lakukan di daerah-daerah yang sulit dijangkau dimulai setelah keadaan darurat. Penolong harus melakukan evakuasi dan perawatan darurat selama perjalanan.

  1. Tata cara memindahkan korban

Seseorang yang mengalami cedera serius pada bagian tungkai atau bagian bawah tubuh harus segera dipindahkan dengan menggunakan pengangkut. pengangkut ini biasanya disebut tandu. Berikut ini alat transportasi dalam memindahkan korban:

1)      Tandu

Tandu dapat dibuat dengan menggunakan dua tongkat yang diselipkan dalam sebuah karung, kantong plastik tebal atau pakaian tebal, bahkan dapat menggunakan selimut. Juga dapat menggunakan daun pintu atau bagian atas permukaan meja. Cobalah tandu dengan orang yang sehat sebelum digunakan untuk orang yang sakit (cedera).

2)      Selimut

Jika hanya menggunakan selimut, maka cara mengangkat korban adalah seperti di bawah ini

sumber :

Power Light – Flashlight with LED Reminder Light 1.6.22 Apk