Teknik penanaman

Teknik penanaman

Begitu mendapatkan bibit tanaman bunga kenanga, kita dapat menanamkan bibit tersebut ke media tanam yang sudah diberikan pupuk terlebih dahulu sebelum dilakukan penanaman. Di usahakan pada media tanam yang akan kita gunakan memiliki kedalaman 10-15 cm, kemudian masukan bibit dan tutup lubang tersebut dengan menggunakan tanah sampai rata serta tekan sampai padat supaya tanaman tidak mudah rubuh saat tertiup oleh angin.

Selain itu, dipastikan untuk memberikan jarak antara satu tanaman dengan tanaman yang lainnya. Hal ini dikarenakan, tanaman bunga kenanga dapat tumbuh mencapai 12 m dengan memiliki lebar mencapai 5 m. Sehingga sangat diperlukannya jarak antara satu tanaman dengan tanaman lainnya.

  1. Pemeliharaan Tanaman

Pada umumnya tanaman kenanga tidak membutuhkan air dalam jumlah yang banyak sehingga kita hanya perlu melakukan penyiraman seperlunya saja. Apabila perlu lakukan penyiraman secara berkala antara 2-3 hari sekali, supaya pertumbuhan tanaman bunga kenanga semakin baik. Dan selain penyiraman kita juga dapat melakukan dengan penyaingan secara berkala dan melakukan pemupukan supaya pertumbuhan dan produktivitas tanaman bunga kenanga semakin maksimal.

  1. Hama dan penyakit
  2. a)Semut

o    Gejala: merusak tunas muda.

o    Pengendalian: ciptakan lingkungan bersih di sekitar rak/ pot.

  1. b)Belelang

o    Gejala: pinggiran daun rusak dengan luka bergerigi tak beraturan. untuk jenis belalang berukuran kecil, perlu pengamatan cermat.

o    Pengendalian: segera semprotkan insektisida yang bersifat racun kontak/yang sistematik; bila jumlahnya sedikit bisa langsung dimusnahkan/dibunuh.

 

  1. 3Cara Panen dan Periode Panen

Masa panen bunga kenanga tergantung bibit yang ditanam, jika berupa stek/ cangkok usia panen 1-2 tahun sudah mulai berbunga, namun jika penanaman dari biji mungkin mencapai 2-4 tahun. Sebagai tanaman asli Indonesia, bunga kenanga sudah kesohor sebagai bunga yang menghasikan wewangiian alami. Tak heran bila bunga kenanga selalu laku. Sebagai bunga segar kenanga bisa dijual langsung ke pedagang dengan harga untuk di daerah sekitar Rp 5-7 ribu/per kg, sedangkan di Jakarta di pasar Rawa belong harga bunga segar kenanga mencapai R10.000 /kg. Apabila disuling menjadi minyak Atsiri, maka harganya mencapai 500-800 ribu/kg. minyak atsiri ini adalah merupakan bahan baku utama sebagai macam parfum, tak heran bila pasar Dunia selalu terbuka.

sumber :

https://dogetek.co/seva-mobil-bekas/