Teaching Physics, in The Class

Teaching Physics, in The Class

Teaching Physics, in The Class

Teaching Physics, in The Class
Teaching Physics, in The Class

Permasalahan artikel ini adalah bagaimana menjadi guru Fisika yang baik. Artikel ini mencoba mengungkapkan kiat-kiat menjadi guru Fisika yang baik. Kategori baik di artikel ini disoroti dalam proses pembelajaran Fisika di kelas. Tidak cukup hanya dengan mempersiapkan pembelajaran di waktu sebelumnya, keberhasilan guru Fisika dalam proses pembelajaran di kelas ditentukan banyak kriteria. Kriteria-kriteria tersebut tidak selamanya rumit dan menyulitkan untuk dilakukan oleh guru-guru Fisika secara umum termasuk guru-guru Fisika di Indonesia. Justru hal-hal seperti itulah yang sering luput dari perhatian guru-guru Fisika selama proses pembelajaran di kelas.

HASIL YANG DIPEROLEH

Ada tujuh kriteria yang harus dipedomani oleh setiap guru Fisika agar memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam proses pembelajaran Fisika di kelas. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Waktu (time).

Usahakan peduli untuk tiba di kelas di awal waktu pembelajaran, karena harus yakin bahwa papan tulis bersih dan dilengkapi dengan peralatan untuk menulis. Selain itu perlu untuk mengecek segala yang diperlukan dalam proses pembelajaran siap danberfungsi, misalnya mikropon dan loudspeaker, proyektor untuk film atau slide. Juga harus yakin bahwa peralatan untuk demonstrasi dirangkai dengan pantas danberfungsi. Jika harus membagikan hand out materi tertulis untuk siswa, saat awal pembelajaran seperti inilah waktunya. Biasanya waktu tiba lebih awal itu 5 menit sebelum pembelajaran dimulai dirasa cukup.

Jangan biarkan siswa mengalihkan perhatian guru dengan pertanyaan-pertanyaan yang berbeda sebelum proses pembelajaran. Hal itu tidak dalam waktu yang semestinya, dan guru dapat meminta maaf namun seyogyanya jangan kasar.

Jika telah merencanakan tiba di kelas lebih awal, namun menemukan guru mata pelajaran sebelumnya masih mengajar, cobalah mengatakan padanya betapa menyesalnya Anda, tetapi waktunya telah habis dan Anda harus mengadakan beberapa persiapan. Jika Anda membiarkannya, berarti kehilangan waktu yang direncanakan dan kemungkinan hal itu akan terjadi lagi di lain kesempatan. JikaAnda tegas, mungkin hal itu tidak akan terjadi lagi. Apabila guru mataa pelajaran sebelumnya ada di kelas namun hanya bercakap-cakap dengan siswa, hal ini tidak menghalangi Anda untuk mengerjakan persiapan-persiapan yang diperlukan pembelajaran di kelas itu.

Menyelesaikan pembelajaran tepat pada waktunya adalah penting, karena siswa membutuhkan jeda waktu / istirahat, setidaknya merentangkan kaki dan tangannya atau untuk keperluan apapun lainnya. Juga jangan melakukan kepada guru lain apa-apa yang kita tidak suka jika hal itu juga menimpa kita.

Janganlah memulai pembelajaran dengan proyeksi dan demonstrasi yang memerlukan penggelapan, karena pada permulaan pembelajaran dan sesudah jeda waktu, ada siswa yang tiba di kelas terlambat dan membuka pintu kelas yang gelap menimbulkan kebingungan.

Di lain hal jangan menghabiskan waktu untuk mengulang-ulang pelajaran, kecualiuntuk kepentingan klarifikasi. Memang benar bahwa “pengulangan adalah ibu dari semua pengetahuan”, tetapi biarkan siswa-siswa melakukan pengulangan ketika mereka mempelajari kembali materi pelajaran.

Baca Juga :