Tata Cara Shalat Tarawih Lengkap

Tata Cara Shalat Tarawih Lengkap

Tata Cara Shalat Tarawih Lengkap

Shalat Tarawih adalah shalat sunat yang dilaksanakan pada malam hari setelah kita melaksanakan shalat isya pada bulan ramadhan sebulan penuh serta bersama dengan melaksanakan puasa selama bulan ramadhan. Bulan ramadhan merupakan bulan yang paling berkah diantara bulan yang lainnya, maka akan tambah lebih lagi keberkahannya disamping kita melaksanakan puasa ditambah dengan fokus melaksanakan shalat tarawih pada malam harinya.

Hukum shalat sunat tarawih

merupakan sunat muakkad yaitu sunat yang sangat diutamakan, karena Nabi Muhammad SAW selalu melaksanakan shalat tarawih selama satu bulan penuh. Dengan atas dasar nabi selalu melaksanakan, maka kita selaku umatnya juga perlu meniru salah satu kebiasaan Rasulullah dengan melasanakan shalat tarawih ini.

Jumlah raka’at dalam melaksanakan shalat sunat tarawih ini bisa dilakukan dengan 8 raka’at dan juga bisa 20 raka’at. Namun di negara indonesia sendiri mayoritas masyarakatnya melaksnakan shalat tarawih ini dengan 20 raka’at ditambah dengan shalat witir umumnya 3 raka’at. Cara pelaksanaan shalat tarawih ini bisa dilakukan secara berjamaah dan juga bisa sendiri (munfarid), tapi yang paling utama secara berjamaah karena Rasulullah selalu melaksanakannya secara berjamaah dengan para sahabatnya.

Dalam Tata Cara Shalat Tarawih ini, setiap kita melaksanakan dua raka’at maka dianjurkan kita untuk melakukan salam, jadi yang 20 raka’at tersebut bisa menjadi 10 kali salam. Sedangkan masalah bacaan dan niat shalat tarawih ini, kami akan bahas secara lengkap dibawah ini:

Niat Shalat Tarawih

Usholli sunnatatarawihi rok’ataini lillahita’ala

Artinya: Aku niat shalat tarawih dua raka’at menjadi imam atau ma’mum karena Allah Ta’ala.

Gerakan dalam shalat tarawih sama dengan gerakan shalat pada umumnya, yang membedakan bacaan niatnya saja. Tapi pada shalat tarawih ini ada do’a khusus setelah melaksanakan shalat tarawih. Do’anya adalah sebagai berikut:

Artinya: Ya Allah, Semoga Engkau menjadikan kami punya keimanan yang sempurna, dan selalu mengerjakan kewajiban terhadap-Mu, dan selalu melaksanakan shalat, dan mengerjakan zakat, dan menjadi hamba yang selalu butuh kepada-Mu, dan mengharap pintu maaf-Mu, dan berpegang teguh pada petunjukmu, dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak bermanfaat, dan berharap mendapatkan kecukupan di dunia, dan ketenangan ketika di akhirat, dan pasrah akan takdir-Mu, dan selalu menjadi orang yang bersyukur atas ni’mat-Mu.

Baca Juga: Sholat Rawatib

Manfaat Melaksanakan Shalat Tarawih

1. Meningkatkan keimanan kita terhadap Allah SWT.
2. Memberikan ketenangan bathin.
3. Meningkatkan solidaritas sosial.
4. Menghilangkan kesenjangan sosial.
5. Melatih kesabaran dalam beribadah.
6. Meningkatkan stamina daya tahan tubuh.
7. Menghilangkan stress.
8. Meningkatkan fungsi otak.
9. Menurunkan kadar gula darah.
10. Menyehatkan tulang persendian dengan shalat.

Demikianlah mengenai pembahasan Tata Cara Shalat Tarawih, mudaha-mudahan kita bisa melaksanakannya atas petunjuk dari Allah SWT. Semoga Bermanfaat!!!!