Syarat-syarat mewarisi

Syarat-syarat mewarisi

Syarat-syarat mewarisi

Syarat-syarat mewarisi

Menurut hukum islam, masalah waris mewarisi akan terjadi apabila dipenuhinya syarat-syarat mewarisi yaitu:

  1. Meninggal dunianya muwaris (pewaris)

Kematian muwaris, menurut ulama dibedakan kedalam tiga macam, yaitu:

  1. Mati Haqiqi (sejati), adalah kematian yang dapat disaksikan oleh panca indra
  2. Mati Hukmy (menurut keputusan hakim), adalah kematian yang disebabkan adanya putusan hakim, baik orangnya masih hidup ataupun sudah mati.
  3. Mati taqdiry (menurut dugaan), adalah kematian yang didasarkan pada dugaan yang kuat bahwa orang yang bersangkutan telah mati.
  4. Hidupnya waris (ahli waris)

Seorang ahli waris hanya akan mewaris jika dia masih hidup ketika pewaris meninggal dunia. Masalah yang biasanya muncul berkaitan dengan hal ini antara lain mafqud, anak dalam kandungan, dan mati bersamaan.

Masalah anak dalam kandungan terjadi dalam hal istri muwaris dalam keadaan mengandung ketika muwaris meninggal dunia. Penetapan keberadaan anak tersebut dilakukan saat kelahiran anak tersebut. oleh sebab itu, pembagian waris dapat di tangguhkan sampai anak tersebut dilahirkan.

  1. Mengetahui status kewarisan

Seluruh ahli waris diketahui secara pasti, termasuk jumlah bagian masing-masing. Dalam hal ini, posisi para ahli waris hendaklah diketahui secara pasti, misalnya suami, istri, kerabat, dan sebagainya, sehingga pembagi mengetahui dengan pasti jumlah bagian yang harus diberikan kepada masing-masing ahli waris. Sebab, dalam hukum waris, perbedaan jauh-dekatnya kekerabatan akan membedakan jumlah yang diterima, karena tidak cukup hanya mengatakan bahwa seseorang adalah saudara sang pewaris. Akan tetapi, harus dinyatakan apakah ia sebagai saudara kandung, saudara seayah, atau saudara seibu. Mereka masing-masing mempunyai hukum bagian, ada yang berlaku menerima waris karena sebagai ahlul furudh, ada yang karena ashobah, ada yang terhalang hingga tidak mendapatkan warisan (mahjub), serta ada yang tidak terhalang.


Sumber: https://multiply.co.id/organ-trail-directors-cut-apk/