Rest Area

Rest Area

Sebuah tempat rekreasi baru direncanakan untuk rute melalui Sumatera. Di atas lahan seluas 5 hektar ini terdapat pom bensin, kantin, taman bermain anak, mini market dan mushola. Jalan-jalan pinggir di luar provinsi dengan volume lalu lintas tinggi bisa menjadi tempat bersantai. Tapi bagi kami, tempat rekreasi seperti apa yang bisa ditempatkan di tempat yang sudah ada. Rute ini sangat panas pada siang hari karena melintasi ekuator.

Tantangan pertama bagi kami adalah menjaga agar tempat ini tetap sejuk karena cuaca yang ada dan kemudian mengatasi akses yang biasanya berupa transportasi berkecepatan tinggi. Tempat rekreasi ini berbeda dengan yang ada di jalan tol karena bisa diakses dari kedua sisi. maka tugas kita adalah menciptakan suasana yang menginspirasi.

Kami mengikuti proses desain dengan menentukan area yang akan digunakan untuk setiap fungsi, dan kemudian menghubungkannya ke jalan dan akses pedesaan. Kami mengharapkan interaksi antara pengguna dan objek dalam bentuk tindakan dan pengalaman spasial baru.

Area pintu masuk dimiringkan 45 derajat dari jalan raya untuk akses yang lebih cepat, sehingga kendaraan yang memasuki area tersebut aman. fungsinya, dibuka dari jalan, adalah masjid yang terletak di ketinggian dari situs yang ada. Ruang komersial kami dibingkai dengan kisi jajaran genjang acak.

Masjid yang telah menjadi simbol ekologis ini dapat dilihat dari berbagai sudut, namun bila diakses melalui urutan yang menuntun orang melalui pejalan kaki, maka diperlakukan sedemikian rupa sehingga menciptakan ruang keberuntungan di sekitar masjid.

percayakan desain rest area: tubaguskencanaarsitek.co.id

Area SPBU terletak di arah pintu keluar fasilitas, tujuannya adalah untuk mengundang setiap pengunjung untuk mengisi bahan bakar dan menyediakan area yang aman untuk aktivitas dan area keselamatan jika terjadi kecelakaan.