Relawan Tangguh Bencana Disebar di Setiap Kelurahan di Kota Bogor

Relawan Tangguh Bencana Disebar di Setiap Kelurahan di Kota Bogor

Relawan Tangguh Bencana Disebar di Setiap Kelurahan di Kota Bogor

Relawan Tangguh Bencana Disebar di Setiap Kelurahan di Kota Bogor

Sekretaris Daerah (Sekda)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat resmi menutup acara Jambore Relawan Kelurahan Tangguh Bencana yang terselenggara di Desa Gumati Hotel and Resort, Rabu (28/11/2018).

Ade Sarip berharap, dengan menyiapkan para relawan tangguh bencana di setiap kelurahan, dapat membantu keterbatasan personil di tubuh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor.

“Karena datangnya bencana tidak pernah ada yang tahu. Dengan membentuk relawan tangguh bencana di setiap kelurahan ini cukup membantu pemerintah. Karena jika harus mengandalkan pemerintah atau BPBD kita memiliki keterbatasan dari jumlah personel,” ungkapnya dihadapan 120 peserta Jambore Relawan Kelurahan Tangguh Bencana Kota Bogor.

Menurut Ade

ada tiga komponen penting dalam menanggulangi bencana yaitu pemerintah daerah melalui BPBD, masyarakat melalui relawannya dan pihak swasta melalui dunia usahanya.

Meski saat ini hanya terdapat 11 Kelurahan Tangguh Bencana, kata Ade, kedepannya pihaknya berharap seluruh kelurahan siap dalam menanggulangi bencana. Sehingga para relawan di setiap kelurahan tersebut dapat menebarkan keahliannya kepada masyarakat lainnya. contoh report text singkat tentang kucing

“Saya yakin meski sekarang baru 11 Kelurahan, tapi Insya Allah nanti kedepannya bersama pihak swasta atau dari kelompok lain, relawan tangguh di setiap kelurahan seluruh Kota Bogor ini bisa terwujud seluruhnya,” jelasnya.

Di lokasi yang sama

Kepala Seksi Pelaksana dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Bogor Mohammad Yafies menambahkan, dalam kegiatan ini para peserta diberikan pendidikan dasar terhadap penanggulangan bencana. Mereka diajarkan bagaimana untuk melakukan salah satunya pemetaan risiko bencana.

“Kemudian mereka diajarkan membuat kajian tentang risiko bencana, mereka membuat rencana penanggulangan bencananya, kemudian mereka juga diajarkan membuat program kegiatan bencana selama satu tahun. Jadi mereka itu berinovasi, baik pra bencana, pada saat bencana maupun pasca bencana,” tambahnya.

Selain Ade Sarip

kegiatan penutupan acara Jambore Relawan Kelurahan Tangguh Bencana ini turut dihadiri pula oleh Ketua Komisi IV dan Anggota DPRD Kota Bogor Ramdoni dan Najamudin, Kepala Satuan Pelaksana BPBD Kota Bogor Ganjar Gunawan.