Permainan Labirin di Aplikasi Scratch

Permainan Labirin di Aplikasi Scratch

Permainan Labirin di Aplikasi Scratch
Permainan Labirin di Aplikasi Scratch

Scratch adalah aplikasi pemrograman yang memudahkan untuk membuat cerita sendiri

interaktif, animasi, permainan, musik, dan seni – dan berbagi kreasi Anda di web. Dengan menggunakan program scracth anda dapat membuat aplikasi game, musik belajar interaktif dll tanpa harus menggunakan kode bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang rumit tersebut diganti dengan tombol tombol yang mudah untuk diaplikasikan secara mudah dengan memakai konsep blok pemrograman yang dapat di click drag and drop, jadi pemrogramannya menjadi mirip menyusun blok blok konstruksi LEGO.
Walaupun mudah tapi program ini membutuhkan kesabaran untuk pembuatan sebuah game. Ada banyak sekali komponen yang harus di kolaborasikan seperti control, sensor, gerak, suara, gambar, backrgound, dll.

Scratch mendukung adanya pengaturan dan penambahan suara untuk animasinya, Penambahan untuk banyak gambar yang mendukung ide cerita sebuah animasi ataupun games. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pembelajaran kepada siswa dalam hal Problem Solving Skills, dan aktifitas yang memperkenalkan secara dini Logika dan Matematika.

 

Langkah – langkah dalam pembuatan permainan labirin :

1.Pertama kita menentukan bentuk labirin yang akan dijadikan background.Pada sprite list pilih stage.Pilih semua latar belakang.Pilih background kemudian klik edit.

 

3.Setelah itu klik import,akan muncul jendela import image. Kemudian klik Dekstop ( tempat penyimpanan yang diinginkan) kemudian Double Klik pada pilihan gambar labirin.

Image

Atau anda bisa membuat latar belakang sendiri dengan cara melukis atau dengan memasukkan gambar labirin dengan klik impor. Setelah itu klik ok . Cara membuat gambar labirin sendiri dengan cara klik fill tool untuk membuat backroundnya,pilih warna background sesuai keinginan , kemudian klik line tool,kemudian tarik garis sesuai keinginan ,kemudian klik ok.

 

Setelah membuat dan mengedit gambar labirin

selanjutnya membuat semua sprite pemain yang dibutuhkan dengan mengimpor dari gambar yang telah disesuaikan dengan cara pilih sprite 1 lalu klik hapus karena objek kucing tidak digunakan dalam pembuatan labirin.Lalu masukkan sprie-sprite yang diinginkan dari file.Pilih gambar sesusai keinginan untuk dijadikan sprite.Lalu klik ok.

 

7.Drag jika selain itu ke kolom skrip dan tempelkan dengan ketika tombol panah kanan ditekan.

8.Pilih sensor pada motion yang tertera di sebelah kiri atas,pilih apakah menyentuh warna? lalu drag ke jika. Lalu klik persegi di dalamnya, arahkan pada warna batas labirin dan klik.

9.Pilih gerakan. Drag pindah ke x: y: pada blok jika dan isi posisi x dan y dengan posisi awal ikan hiu berada. Setelah itu, drag bergerak sebanyak 10 step pada blok selain itu lalu drag hadapkan ke arah 90 dan tempelkan di bawahnya.

Image

10. Pilih kontrol kemudian drag jika dan tempelkan di bawah jika selain itu.

11.Pilih sensor lalu drag apakah menyentuh? Pada blok jika. Klik tanda segitiga hitam pada apakah menyentuh? lalu pilih sprite 2.

12.Pilih gerakan lalu drag geser selama pindah ke x: y:. Isi posisi x dan y dengan posisi awal ikan hiu berada. Kemudian drag pindah ke x: y:. Isi posisi x dan y dengan posisi awal ikan hiu berada.

13.Drag hadapkan ke arah 90 dan tempelkan di bawahnya. Pilih variabel. Klik buat variabel lalu ketik nilai, klik ok. Drag ubah nilai sebesar 0. Ganti ‘0’ dengan ‘-5’

14.Pilih variabel. Klik buat variabel lalu ketik nyawa, klik ok. Drag ubah nilai sebesar 0. Ganti klik nilai dan pilih nyawa. Kemudian ganti ‘0’ dengan ‘-1’.

15.Klik kanan mouse pada jika menyentuh sprite 15 kemudian pilih gandakan. Setelah blok jika apakah menyentuh sprite 15 menjadi dua, tempelkan blok yang baru di bawah blok yang lama. Ganti ‘sprite 15’ menjadi ‘sprite 16’.

16.Klik kanan mouse pada jika apakah menyentuh sprite 16 kemudian pilih gandakan. Setelah blok jika apakah menyentuh sprite 16 menjadi dua. Tempelkan blok yang baru di bawah blok yang lama. Ganti ‘sprite 16’ menjadi ‘sprite 17’.

 

18.Pilih operator. Pilih variable lalu drag nyawa pada kotak pertama. Isi kotak kedua dengan ‘0’.

19.Pilih tampilan lalu drag berkata selama detik. Isi kotak dengan ‘Game Over!!!’ dan yang satunya isi isi dengan ‘4’.

20.Pilih gerakan lalu drag pindah ke x: y: dan isi posisi x dan y dengan posisi awal ikan hiu berada.

21.Pilih kontrol kemudian drag hentikan semua.

 

22.Setelah itu, drag jika dan tempelkan di bawah blok sebelumnya.Pilih sensor pada motion yang tertera di sebelah kiri atas pilih apakah menyentuh warna? pada blok jika. Klik segitiga hitam pada apakah menyentuh lalu klik warna kata ‘finish’.

23.Pilih variabel dan drag ubah nilai sebesar 0. Ganti ‘0’ dengan ‘90’.

24.Pilih tampilan lalu drag berkata selama detik. Isi kotak dengan ‘You Win!!!’ dan yang satunya isi dengan ‘2’.

25.Pilih gerakan lalu drag pindah ke x: y: dan isi posisi x dan y dengan posisi awal ikan hiu berada.

26.Pilih kontrol kemudian drag hentikan semua.

27.Pilih kontrol kemudian drag ketika bendera hijau diklik.

28.Pilih variabel dan drag set nilai sebesar 0. Ganti ‘nilai’ dengan ‘nyawa’ dan yang satunya isi dengan ‘5’.

21

29.Klik kanan mouse pada jika tombol panah kanan ditekan kemudian pilih gandakan. Setelah blok jika tombol kanan ditekan menjadi dua, letakkan blok yang baru di sebelah blok yang lama. Kemudian ganti ‘panah kanan’ dengan ‘panah turun’.

30.Pilih menu kontrol kemudian drag jika selain itu.

31.Pilih sensor lalu drag apakah menyentuh warna? Kemudian kik warna batas labirin.

32.Pilih gerakan lalu drag pindah ke x: y:. Isi posisi x dan y dengan posisi awal ikan hiu berada.

33.Pilih gerakan lalu drag bergerak sebanyak 10 step dibawah blok selain itu.

34.Kemudian dag hadapkan ke arah 90.Ubah nilai hadapkan ke arah menjadi ‘180’ pada blok jika selain itu dengan mengklik segitiga hitam agar ikan hiu dapat bergerak ke arah bawah.

 

Klik kanan mouse pada jika tombol panah ke atas ditekan

kemudian pilih gandakan. Setelah blok jika tombol panah ke atas ditekan menjadi dua, letakkan blok yang baru di bawah blok yang lama. Kemudian ganti ‘panah ke atas’ dengan ‘panah kiri’.

36.Ubah nilai hadapkan ke arah menjadi ‘0’ pada blok jika selain itu dengan mengklik segitiga hitam agar ikan hiu dapat bergerak ke arah atas.

 

37.Klik kanan mouse pada jika tombol panah atas ditekan kemudian pilih gandakan. Setelah blok jika tombol atas ditekan menjadi dua, letakkan blok yang baru di sebelah kanan blok yang lama. Kemudian ganti ‘panah atas’ dengan ‘panah kiri’.

38.Ubah nilai hadapkan ke arah menjadi ‘-90’ pada blok jika selain itu dengan mengklik segitiga hitam agar ikan hiu dapat bergerak ke arah kiri.

39.Pilih kontrol lalu drag ketika diklik di bawah blok sebelumnya.

40.Pilih variabel kemudian drag set score sebesar 0. Ganti ‘score’ dengan ‘lives’ dengan mengklik segitiga hitam. Selanjutnya, ganti ‘0’ dengan ‘3’.

41.Langkah selanjutnya membuat perintah-perintah agar objek ubur-ubur dapat bergerak. Pilih sprite 15 lalu pilih semua skrip.

42.Pilih kontrol lalu drag ketika bendera hijau diklik. Selanjutnya drag jalankan tanpa henti dan tempelkan di bawah blok ketika bendera hijau diklik.

43.Pilih gerakan lalu drag geser selama detik ke arah x: y:, isi selama 3 detik. Lalu isi posisi x dan y berdasarkan posisi awal ubur-ubur. Kemudian drag jika menyentuh batas, memantul. Setelah itu, drag geser selama detik ke arah x: y:, isi selama 3 detik. Lalu isi posisi x dan y berdasarkan posisi akhir ubur-ubur sebelum memantul.

 

44. Langkah berikutnya membuat perintah-perintah pada objek ikan. Pilih sprite 2 lalu pilih semua skrip.

45.Pilih variabel dan drag set nilai sebesar 0.

46.Pilih kontrol lalu drag jalankan tanpa henti jika. Kemudian pilih sensor dan drag apakah menyentuh?

47.Klik segitiga hitam dan pilih sprite 14.

48.Pilih variabel kemudian drag nilai sebesar 0. Ubah ‘0’ menjadi ‘20’. Selanjutnya, pilih tampilan lalu drag sembunyikan.

49.Pilih kontrol lalu drag ketika bendera hijau diklik. Selanjutnya drag jika.

50.Pilih operator . Pilih variable lalu drag nyawa pada kotak pertama. Isi kotak kedua dengan ‘0’.

51.Pilih tampilan lalu drag perlihatkan pada blok jika.

 

52. Lakukan perintah yang sama pada sprite 3-11 dan sprite 20-22 seperti perintah pada sprite 2. Score yang diberikan dapat disesuaikan dengan keinginan.

53.Selanjutnya membuat seperti gambar di bawah ini

26

Selamat mencoba membuat game dari aplikasi scratch ya teman-teman.

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/