Perkembangan Perbankan di Indonesia

 Perkembangan Perbankan di Indonesia

Menurut schneider (1993) industri merupakn jaringan yang helainya menjangkau hampir setiap aspek masyarakat, kebudayaan, dan kepribadian. Industri juga merupakan sebuah faktor penting dalam membentuk masalah-masalah sosial yang kompleks Kuwartojo dalam Setyawati (2002) mendefenisikan industri sebagai kegiatan untuk menghasilkan barang-barang secara massal, dengan mutu yang bagus untuk kemudian dijual dan diperdagangkan. Guna menjaga kemassalannya digunakan sejumlah tenaga kerja dengan peralatan, teknik dan cara serta pola kerja tertentu.

Jadi perkembangan industrialisasi dalam bidang ekonomi sering kali tidak diimbangi dengan perkembangan produksi pangan Negara, sehingga hasil keuntungan dari kegiatan industri sering kali digunakan untuk membiayai impor bahan pangan Negara, karena hasil pertanian pangan menjadi rendah.

Munculnya kawasan industri dalam suatu wilayah dianggap membawa faktor positif dan negatif bagi kehidupan masyarakat di wilayah itu.

Dampak positifnya antara lain :

  1. Kehadiran industri dapat membuka lapangan kerja bagi penduduk setempat;
  2. Membuka lapangan kerja di bidang sektor informal;
  3. Menambah pendapatan asli daerah bagi daerah tersebut.

Adapun dampak negatifnya ialah:

  1. Menimbulkan kebisingan, polusi, dan limbah industri yang berbahaya bagi lingkungan;
  2. Persentuhan budaya yang bisa menimbulkan berbagai masalah sosial.

Bank Indonesia (BI) menyiapkan enam langkah perbaikan baik di industri perbankan maupun dari sisi regulator. Ini dilakukan berdasarkan tantangan dan permasalahan operasional yang timbul belakangan ini.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Muliaman Darmansyah Hadad mengatakan, langkah tersebut diharapkan mengoptimalkan industri perbankan kedepannya. Langkah perbaikan itu, pertama, penguatan pengendalian internal bank. “Perbankan diminta memperkuat seluruh lapis pengawasan yang ada untuk mencegah, mendeteksi, dan meminimalkan peluang atau kesempatan terjadinya risiko dari kegiatan operasional,” kata Muliaman, di Komisi XI DPR RI, Rabu (25/5).

Sumber :

https://rakyatlampung.co.id/apple-turunkan-pesanan-komponen-iphone-x/