PERJANJIAN INTERNASIONAL YANG PERNAH DILAKUKAN INDONESIA

PERJANJIAN INTERNASIONAL YANG PERNAH DILAKUKAN INDONESIA

PERJANJIAN INTERNASIONAL YANG PERNAH DILAKUKAN INDONESIA

PERJANJIAN INTERNASIONAL YANG PERNAH DILAKUKAN INDONESIA

Ada dua macam perjanjian internasional yang pernah dilakukan oleh Indonesia yaitu bilateral dan multirateral.

PERJANJIAN BILATERAL YANG PERNAH DILAKUKAN OLEH INDONESIA ADALAH :

1. Perjanjian Indonesia dengan Belanda yang berisikan pemindahan dan penyerahan Irian Barat kepada Indonesia yang telah disepakati di New York pada tanggal 15 Agustus 1962.

2. Perjanjian bilateral antara Indonesia dengan Malaysia yang berisi mengenai Laut Cina Selatan dan Selat Malaka yang dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 1969.

3. Perjanjian bilateral negara Indonesia dengan Thailand pada tanggal 17 Desember 1971 yang berisi mengenai batas wilayah bagian utara Selat Malaka beserta laut Andaman.

4. Perjanjian Indonesia dengan Australia yang berisi peraturan garis batas wilayah Indonesia dan Australia. Perjanjian ini disepakati di Jakarta pada tanggal 12 Februari 1973.

5. Perjanjian bilateral antara Indonesia dengan Singapura pada tanggal 25 Mei 1973 yang berisi pembahasan mengenai batas-batas laut teritorial selat-selat di negara Singapura yang dekat dengan wilayah Indonesia.

SELAIN MEMILIKI PERJANJIAN BILATERAL, INDONESIA JUGA PERNAH MELAKUKAN PERJANJIAN MULTIRATERAL SEPERTI :

1. Perjanjian internasional mengenai konvensi hukum laut oleh beberapa negara yang diselenggarakan dalam forum PBB. Konvensi ini telah ditandatangani oleh berbagai negara pada tahun 1958.

2. Konvensi Jenewa yang disepakati dan ditanda tangani oleh berbagai negara pada tahun 1949. Konvensi Jenewa berisi hukum mengenai perlindungan para korban perang.

3. Konvensi wina yang telah diselenggarakan dan disahkan oleh berbagai negara pada tahun 1961. Konvensi Wina berisikan tentang hubungan diplomatik antar berbagai negara di dunia.

Indonesia telah aktif di kancah internasional dan sudah diakui oleh hukum internasional. Bahkan negara ini juga pernah menjadi tuan rumah karena menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 1955.
Banyak kerjasama antar negara yang pernah dilakukan oleh Indonesia dan negara lainnya. Aktifnya Indonesia di berbagai persoalan negara ini membuktikan eksistensi negara ini baik di wilayah Asia hingga Uni Eropa.


Sumber: https://muliasmartdetox.co.id/2020/04/24/root-call-blocker-pro-apk/