Periodesasi Sejarah Pendidikan Islam pada Periode Klasik ( 650-1250 M )      

Periodesasi Sejarah Pendidikan Islam pada Periode Klasik ( 650-1250 M )      

Periodesasi Sejarah Pendidikan Islam pada Periode Klasik ( 650-1250 M )      

Periodesasi Sejarah Pendidikan Islam pada Periode Klasik ( 650-1250 M )      

  1. Pendidikan Islam di masa Nabi Muhammad SAW ( 571-632 M)

                        Sejak nabi Muhammad SAW diangkat menjadi rasul sebagai tana datangnya Islam  sampai sekarang telah berjalan sekitar 14 abad lamanya. Pendidikan sejarah Islam mempunyai sejarah yang panjang dimulai sejak periode klasik.

      Pendidikan Islam pada masa nabi Muhammad SAW merupakan sifat atau model yang pertama yang terus menerus dikembangkan umat islam untuk kepentingan pendidikan pada zamannya. Nabi Muhammad SAW mlakukan pendidikan islam setelah mendapatkan wahyu dari Allah SWT. Sebagai mana tercantum di alam surat Al-Mudatsir ayat 1-7, menyeru yang berarti mengajak, mengajak berarti mendidik, dan dari wahyu yang mula-mula turun itu dapat disimpulkan, bahwa pendidikan Islam dapat dibagi menjadi empat macam, yaitu :

  1. Pendidikan Keagamaan
  2. Pendidikan aqliyah dan Ilmiyah
  3. Pendidikan ahlak dan budi pekerti
  4. Pendidikan jasmani

Pada masa ini pendidikan islam diartikan pembudayaan ajaran Islam yaitu memasukan ajaran-ajaran Islam dan menjadikan sebagai unsur buadaya bangsa arab serta menyatu kedalamnya, denagan pembudayaan ajaran Islam kedalam sistemdan lingkungan budaya bangsa arab tersebut, maka terbentuklah sistem budaya Islam dalam lingkungan budaya bangsa arab.

  1. Pendidikan Islam di masa Khulafaur Rasyidin (632-661 M )

                        Setelah Rasulullah wafat, peradaban Islam memberi contoh bagaimana cara mengendalikan negara dengan bijaksana dalam politik yang mengandung hikmah berpikir, berhak, berprilaku yang berbau kelincahan dan kelicikan.

      Setelah Rasulullah wafat pemerintahan Islam dipegang secara bergantian oleh Abu Bakar, Ummar bin Khattab, Ustman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Pada masa Abu Bakar pedal Pemerintahan di guncang oleh para pemberontak dari orang murtad, orang-orang yang mengaku nabi dan orang-orang yang tidak mau membayar zakat, oleh sebab itu Abu Bakar memusatkan perhatian untuk memerangi pemberontakan-pemberontakan tersebut yang mana dapat mempengaruhi orang-orang Islam yang masih lemah imannya untuk menyimpang dari Islam.

sumber :
https://wisatalembang.co.id/seva-mobil-bekas/