Periode Jura Pada Zaman Mesozoikum

Periode Jura Pada Zaman Mesozoikum

Periode Jura Pada Zaman Mesozoikum

Periode Jura Pada Zaman Mesozoikum

  • 206-144 Juta tahun yang lalu

Dinosaurus besar pemakan tumbuhan pakis dan sawit seperti sikas dan bennettitaleans, kecil tapi merupakan karnivora yang mengintai herbivora besar. Laut penuh ikan, cumi, dan ammonita melingkar, ditambah ichthyosaurus besar dan plesiosaurus berleher panjang. Vertebrata, seperti pterosaurus dan burung yang pertama. Ini adalah Periode Jurassic, yang dimulai sekitar 210 juta tahun yang lalu dan berlangsung selama 70 juta tahun dari Era Mesozoic .


Dinamakan untuk Pegunungan Jura di perbatasan antara Perancis dan Swiss, dimana batuan usia ini adalah pertama kali dipelajari, Jurassic telah menjadi sebuah kata rumah tangga dengan keberhasilan film Jurassic Park. Di luar Hollywood, Jurassic masih penting bagi kita sekarang, baik karena kekayaan fosil dan karena pentingnya ekonomi, sebagai contoh, ladang minyak Laut Utara, misalnya, berumur Jura.

Kehidupan Periode Jurassic

Hari ini, nama “Jurassic” menciptakan bayangan buku fenomenal sukses dan film, “Jurassic Park”. Memang benar bahwa dinosaurus mendominasi fauna tanah – meskipun banyak dinosaurus ditampilkan di “Jurassic Park”, seperti Triceratops dan Tyrannosaurus rex, tidak berevolusi sampai setelah Jurassic selesai. Dinosaurus terbesar saat itu – pada kenyataannya, hewan darat terbesar sepanjang masa – adalah sauropoda raksasa, seperti Diplodocus terkenal (gambar di kiri bawah), Brachiosaurus dan Apatosaurus. dinosaurus herbivora lain dari Jurassic termasuk stegosaurs berlapis. Predator dinosaurus dari Jurassic termasuk carnosaurs menakutkan seperti Allosaurus, kecil, coelurosaurs cepat, dan ceratosaurs seperti Dilophosaurus. Jurassic juga melihat asal usul burung pertama, termasuk Archaeopteryx terkenal, mungkin dari nenek moyang coelurosaurian.


Tapi ada banyak hal dalam hidup dari dinosaurus! Di laut, yang ichthyosaurus fishlike berada di tinggi badan mereka, berbagi lautan dengan plesiosaurus, dengan buaya laut raksasa, dan dengan hiu modern mencari dan sinar. Juga menonjol di laut adalah cumi – kerabat dari cumi-cumi, Nautilus, dan octopi hari ini. cephalopoda Jurassic termasuk ammonita, dengan kerang digulung mereka eksternal (kiri atas), dan belemnites, kerabat dekat cumi modern tapi dengan berat, kaku, berbentuk peluru, sebagian kerang internal. Di antara plankton di lautan, yang dinoflagellata menjadi banyak dan beragam, seperti yang dilakukan oleh coccolithophorids (ganggang mikroskopis bersel tunggal dengan penutup luar pelat berkapur).


Lahan tanaman berlimpah di Jurassic, tapi flora yang berbeda dari apa yang kita lihat sekarang ini. Meskipun dinosaurus Jurassic kadang-kadang digambar dengan pohon-pohon palem, tidak ada pohon, atau tanaman berbunga lainnya, setidaknya seperti yang kita kenal mereka hari ini, di Jurassic. Sebaliknya, pakis, ginkgoes, bennettitaleans atau “cycadeoids”, dan sikas benar – seperti hidup cycad digambarkan di bagian kanan atas – berkembang di Jurassic. Runjung juga hadir, termasuk keluarga dekat redwood hidup, pohon cemara, pinus, dan yews. Merayap tentang di dedaunan ini, tidak lebih besar dari tikus, adalah sejumlah mamalia awal.


Distribusi fosil berumur Jura

Deposit berumur Jura dapat ditemukan secara luas di Pegunungan Rocky Amerika Serikat, Inggris dan Eropa barat, Rusia tengah, dan di banyak bagian lain dunia.

  • Nil Biru Gorge – fosil dinosaurus pertama dari Ethiopia.
  • Saurian Ekspedisi tahun 1905 – ini ekspedisi ke Barat Humboldt Range di Nevada dikenal untuk menemukan yang luar biasa ichthyosaurus Jurassic, dan situs telah menjadi bagian dari Berlin-Ichthyosaurus State Park.
  • fosil Solnhofen Kapur – deposito Jura di Jerman selatan.

Sumber: https://red-literaria.com/banana-kong-apk/