PERBEDAAN MAHKAMAH AGUNG TERKAIT DENGAN LEMBAGA TINGGI NEGARA LAIN

PERBEDAAN MAHKAMAH AGUNG TERKAIT DENGAN LEMBAGA TINGGI NEGARA LAIN

PERBEDAAN MAHKAMAH AGUNG TERKAIT DENGAN LEMBAGA TINGGI NEGARA LAIN

PERBEDAAN MAHKAMAH AGUNG TERKAIT DENGAN LEMBAGA TINGGI NEGARA LAIN

Terkait hubungannya dengan lembaga tinggi negara lain

tugas serta wewenang mahkamah agung ternyata lebih luas, jika dibandingkan dengan Mahkamah Konstitusi. Mahkamah Agung bisa memberikan pertimbangn-pertimbangan atau nasihat-nasihat di dalam bidang hukum dengan lembaga tinggi negara lain.

Mahkamah Agung bisa memberikan nasihat, serta pertimbangan hukum kepada presiden, atau kepada negara, terkait dengan pengajuan amnesti dan grasi yang dilakukan oleh seseorang, atau sekelompok orang. Nasihat tersebut bisa berupa usulan dalam menerima, atau, menolak grasi dengan berbagai pertimbangan.

Di sisi lain, Mahkamah Konstitusi bisa memberikan nasihat, serta pertimbangan ketika terjadi proses pemberhentian presiden. Mahkamah Konstitusi bisa mengajukan usulan, serta pengangkatan Hakim Konstitusi kepada presidan. Mahkamah Konstitusai memberikan keputusan atas usulan yang diberikan DPR, yang menghendaki pemberhentian presiden.

Serta penghentian wakil presidan bisa diajukan kepada Mahkamah International jika presiden, dan atau wakilnya dinilai melakukan korupsi, penghianatan, serta melakukan beragam tindakan tercela lainnya. Atau melakukan perbuatan yang menyimpang dari kaidah Pancasila, serta UUD 1945.

Selain itu, Mahkamah Konstitusi bisa melakukan pengujian, serta menyatakan jika ketetapan Mahkamah Agung tidak memiliki kekuatan hukum. Akan tetapi, Mahkamah Konstitusi tidak bisa melakukan pembatalan terhadap segala hal yang sudah diputuskan oleh Mahkamah Agung.

Mengetahui tugas MA merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui. Tidak hanya karena pelajaran Pancasila atau PKN di bangku sekolah saja. Namun, pengetahuan mengenai hal tersebut sudah patut kita pelajari mengingat kita adalah warga negara Indonesia yang baik.


Baca Juga :