Pengertian dan Penjelasan Lidah

Pengertian dan Penjelasan Lidah

Pengertian dan Penjelasan Lidah

Pengertian dan Penjelasan Lidah
Pengertian dan Penjelasan Lidah

Pengertian Lidah

Lidah adalah kumpulan otot rangka pada pecahan lantai mulut yang sanggup membantu pencernaan masakan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak mempunyai struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Struktur lainnya yang bekerjasama dengan pengecap sering disebut lingual, dari bahasa Latin lingua atau glossal dari bahasa Yunani.

Lidah merupakan pecahan badan penting untuk indra pengecap yang terdapat kemoreseptor untuk mencicipi respon rasa asin, asam, pahit dan rasa manis. Tiap rasa pada zat yang masuk ke dalam rongga verbal akan direspon oleh pengecap di tempat yang berbeda-beda.

Hakikat Lidah

Pada hakekatnya, pengecap mempunyai relasi yang sangat dekat dengan indra khusus pengecap, pengecap tersusun atas otot rangka yang terlekat pada tulang hyoideus, tulang rahang bawah dan processus styloideus di tulang pelipis.Lidah sebagian besar terdiri dari dua kelompok otot yaitu otot intrinsik dan ektrinsik. Otot intrinsik pengecap melaksanakan semua gerakan halus,sementara otot ektrinsik mengaitkan pengecap pada bagian-bagian sekitarnya serta melaksanakan gerakan-gerakan bernafsu yang sangat penting pada dikala mengunyah dan menelan. Lidah mengaduk-aduk makanan, menekannya pada langit-langit dan gigi dan risikonya mendorongnya masuk farinx.

Letak Lidah

Lidah terletak pada dasar mulut, sementara pembuluh darah dan urat saraf masuk dan keluar pada akarnya. Ujung serta pinggiran lidah bersentuhan dengan gigi-gigi bawah, sementara dorsum merupakan permukaan melengkung pada pecahan atas lidah. Bila pengecap digulung kebelakang maka tampaklah permukaan bawahnya yang disebut frenulum linguae, sebuah struktur ligament halus yang mengaitkan pecahan posterior pengecap pada pecahan dasar mulut. Bagian anterior pengecap bebas tidak terkait. Bila dijulurkan, maka ujung pengecap meruncing, dan bila terletak hening didasar mulut,maka ujung pengecap berbentuk bulat.

Struktur Lidah

Lidah ini, juga dibangun oleh suatu struktur yang disebut kuncup pengecap (taste buds). Pada pengecap lebih kurang 10.000 kuncup pengecap yang tersebar dipermukaan atas dan di sepanjang pinggir lidah. Kuncup pengecap tertanam dibagian epitel pengecap dan bergabung dengan tonjolan-tonjolan pengecap yang disebut papilla.

Demikian penjelasannya Terimakasih.

Baca Juga: