Pengertian Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT

Setiap orang yang akan menyusun suatu rencana atau program pasti akan terlintas dalam pikirannya tentang kemampuan dan peluang yang dimilikinya, kelemahan dan tantangan yang akan dihadapinya, bagaimana cara melaksanakan program tersebut, serta hasil apa yang akan dicapai. Akan tetapi biasanya kita tidak berpikir serius tentang hal-hal tersebut.Dalam memimpin, hal tersebut tidak bisa dipandang biasa-biasa saja karena seorang pemimpin harus berinisiatif tinggi memiliki strategis dalam mempertimbangkan segala sesuatu secara matang sebelum menetapkan suatu keputusan atau dalam pengambilan kebijakan.

Menurut Daniel Start dan Ingie Hovland dalam http://subliyanto.  wordpress. com/2012/12/13/analisis-swot/(diakses 23 Maret 2016),analisis SWOT adalah instrumen perencanaaan strategis yang klasik dengan menggunakan kerangka kerja kekuatan dan kelemahan serta kesempatan ekternal dan ancaman. Instrumen ini memberikan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi. Instrumen ini menolong para perencana apa yang bisa dicapai, dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh mereka.[2]

        Menurut Prof. Dr. Conny R. Semiawan (dalam Sam M. Chan dan Tuti T. Sam:2013), analisis KEKEPAN (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman) bersumber dari analisis akar permasalahan.Kajian terhadap akar permasalahan tidak pernah lepas dari konteksnya. Konteks tersebut adalah kajian global, namun jika kita akan mengatasi masalah, pemikiran tersebut memerlukan kajian berbagai opsi (options) yang menuntut divergent thinking (berpikir literal).[3]

Menurut kami,secara umum Analisis SWOT adalah sebuah bentuk analisa situasi dan  kondisi yang bersifat memberi suatu gambaran (deskriptif)sebagaisuatu masukan,  kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing untuk menyusun rencana strategis dengan mengacu  pada kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman untuk pelaksanaan program suatu organisasi.

        Sedangkan analisis SWOT bagi sekolah atau madrasah mengandung makna bahwa suatu analisa yang dilakukan secara cermat terhadap kekuatan dan peluang  yang dimiliki sekolah/madrasah serta kelemahan dan hambatan yang akan dihadapi dalam pelaksanaan program untuk menyusun langkah-langkah strategis dalam upaya mencapai tujuan pendidikan.

  1. Komponen-komponen Analisis SWOT

Sekolah/madrasah  sebagai suatu lembaga yang berkiprah di bidang pendidikan dengan memiliki kemampuan yang terbatas dan memiliki peluang yang kecil sedangkan kelemahan dan hambatan yang begitu banyak menantang dan menghadang tumbuh kembangnya ilmu pengetahuan di Indonesia, maka seorang kepala sekolah /madrasah harus menetapkan strategi untuk tercapainya visi dantujuan yang telah ditetapkan.

        Sebelum menetapkan dan melaksanakan program kerja, alangkah baiknya jika dilakukan analisis terhadap program tersebut, langkah strategis yang akan ditempuh, kekuatan dan peluang yang dimiliki  serta kemungkinan adanya kelemahan dan hambatan yang akan dihadapi. Oleh karena itu seorang kepala sekolah/madrasah dapat menggunakan berbagai alat atau metode untuk menganalisis semua potensi tersebut, dan salah satunya dengan menggunakan analisis SWOT.

        Komponen-komponen apakah yang terdapat pada analisis SWOT ?

 

sumber :