Penalaran dalam suatu penulisan

Penalaran dalam suatu penulisan

Penalaran dalam suatu penulisan

Penalaran dalam suatu penulisan
Penalaran dalam suatu penulisan

Kali ini penulis mendapat tugas menulis mengenai apa itu penalaran, metode penalran dan juga kesalahan-kesalahan dalam penalaran. setelah penulis menjelajah kesana-kemari di dunia maya, semua informasi yang di dapat itu sama semua @__@. Mungkin juga karena ini adalah suatu tugas yang harus di upload ke web ataupun blog masing-masing dan juga karena penulis yang telat dalam mengerjakan tugasnya :-P. akan tetapi untuk menghidari plagiatan alangkah baiknya penulis sedikit mengembangkan tugasnya menjadi “Penalaran yang dituangkan kedalam suatu penulisan.”

            Penalaran menurut Wikipedia adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera(pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi – proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar. Dalam penalaran, proposisi yang dijadikan dasar penyimpulan disebut dengan premis (antesedens) dan hasil kesimpulannya disebut dengan konklusi (consequence). Hubungan antara premis dan konklusi disebut konsekuensi.

            Begitu juga dalam membuat suatu penulisan, penulisan yang baik dicirikan oleh penalaran yang baik. Penulisan itu diungkapkan dalam kalimat-kalimat yang tersusun yang biasa disebut paragraph. Oleh karena itu, peran penalaran dalam membentuk sebuah paragraph amatlah penting agar menghasilkan suatu penulisan yang baik. Didalam suatu penalaran terdapat 2 metode menalar yaitu metode menalar induktif (khusus ke umum) dan metode menalar deduktif (umum ke khusus). Sama halnya dalam paragraph, paragraph erat kaitannya dengan peletakan suatu pokok pikiran utama, apakah paragraph tersebut berawal dengan hal yang umum (induktif) atau berawal dari yan khusus(deduktif).