Pemupukan pada tanaman menghasilkan (TM)

 Pemupukan pada tanaman menghasilkan (TM)

Panduan umum pemupukan tanaman kopi pada masa TM dapat merunut pada Tabel 1. Tanaman kopi pada umur 5 sampai dengan 10 tahun adalah masa produktif puncak sehingga memerlukan unsur hara yang tinggi. Bahkan sampai umur lebih 10 tahun, jika pemeliharaan optimal dan kondisi lahan sangat sesuai, maka kopi masih produktif sampai umur sekitar 20 tahun, bahkan sampai saat ini masih ada kopi rakyat yang berumur 30 tahun dengan produksi yang masih tinggi. Namun jika direncanakan dua tahun kemudian akan ditanam ulang dan biasanya sekitar umur 25-30 tahun, manakala produksi sudah menurun dan harga biji kering kopi di pasaran sudah rendah sehingga hasil penjualan kopi tidak sebanding dengan biaya pemeliharaan,  maka tanaman kopi tidak perlu dipupuk lagi.

Cara Penaburan Pupuk

Cara penaburan pupuk adalah disebar merata di sekeliling pohon dengan jarak tabur tergantung dari umur tanaman seperti dapat dipedomani pada Tabel 2.

                  Tabel 2. Bidang tempat penaburan pupuk pada areal kopi

Umur Tanaman (th) Bidang penaburan pupuk
1 – 2     Tabur di sekeliling pohon dengan jarak   25 –    50  cm dari pohon
3 – 5 Tabur di sekeliling pohon dengan jarak   50 –  100  cm dari pohon
6 – 10 Tabur di sekeliling pohon dengan jarak  100 – 150 cm dari pohon
    >10 Tabur di sekeliling pohon dengan jarak  150 – 200 cm dari pohon
  1. Pupuk diberikan dua kali setahun yaitu awal dan akhir musim hujan.
  2. Cara pemupukan dengan membuat parit melingkar pohon sedalam ± 10 cm, dengan jarak proyek tajuk pohon (± 1 m)

Kegiatan yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman kopi secara signifikan adalah pemupukan. Maksud dari kegiatan pemupukan ini adalah menambahkan unsur hara untuk mempercepat pertumbuhan tanaman kopi. Dengan begitu kegiatan ini merupakan kegiatan pokok yang harus dilakukan dalam pembudidayaan tanaman kopi. Tanaman kopi tidak akan mampu berproduksi optimal jika pasokan makanannya berkurang, untuk itu dengan dilakukannya pemupukan akan menjadikan tanaman kopi berbuah dengan banyak.

Pos-pos Terbaru