Pembuatan Lubang Tanam.

Pembuatan Lubang Tanam.

            Lubang tanam dibuat 3-6 bulan sebulum tanam. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki struktur tanah dan untuk membunuh bibit penyakit (Najiati dan Danarti, 1990:89).

            Sebelum pembuatan lubang tanam dimulai, kita harus menentukan letak lubang-lubang yang akan digali. Letak lubang harus berurutan dengan jarak tertentu, supaya memudahkan pemeliharaan tanaman. Jarak tanam kopi yang dianjurkan Dirjen Perkebunann adalah 2,5 m x 2,5 m x 2,5 m (Najiati dan Danarti, 1990:89).

            Jarak tanam tersebut bisa sedikit berubah, dengan ketentuan semakin tinggi suatu tempat dari permukaan air laut, jarak tanam semakin renggang. Semakain rendah dari permukaan air laut, jaraknya semakin rapat (Najiati dan Danarti, 1990:89).

Menurut Najiati dan Danarti (1990:90-91) lubang tanam dibuat dengan tahap-tahap sebagai berikut:

  1. Kurang lebih 3-6 bulan sebelum tanam, lubang tanam digali dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm atau 75 cm x 75 cm x 75 cm. semakin liat tanahnya, ukuran lubang semakin besar.
  2. Tanah galian dipisahkan, yaitu tanah bagian atas diletakkan dibagian kanan sedangkan tanah bagian bawah diletakkan dibagian kiri.
  3. Kurang lebih dua bulan sebelum tanam masing-masing bagian tanah galian dicampur dengan 200 gram belerang dan 200 gram kapur.
  4. Sekitar 0,5-1 bulan sebelum tanam, tanah bagian bawah dimasukkan kelubang. Tanah bagian atas dicampur dulu dengan kurang lebih 20 liter pupuk kandang atau kompos, lalu dimasukkan kedalam lubang.
  5. Ditengah-tengah lubang yang telah ditutup ditandai dengan ajir supaya memudahkan mencari lubang sewaktu akan menanam nanti.

 

Sumber :

https://businessnews.id/skyhill-apk/