PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA

PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA

Pasar persaingan tidak sempurn adalah pasar atau idustri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga output di pasar.

Terdapat tiga model umum di pasar persaingan tidak smpurna, yaitu:

  1. Pasar Monopoli

pasar monopoli merupakan industri yang terdiri dari satu perusahaan di mna terdapat hambatan bagi perusahaan-perusahaan baru untuk memasuki pasar.

Beberapa hambatan masuk berupa waralaba pemerintah,paten,skala ekonomi dan keunggulan biaya lain, kepemilikan atas faktor produksi yang langka.

  1. Pasar Persaingan Monopolistik

Merupakan industri yang memiliki banyak produsen di ana perusahaan pesaing beba memasuki industri dan perusahaan-perusahaan mendiferensiasikan produk mereka.

Diferensiasi produk dimaksudkan untuk memenuhi keinginan konsumen, membangun repatulasi atas produk yang dihasilkan dan memberikan pelayanan yang baik.

  1. Pasar oligopoli

Adalah industri dengan sejumlah kecil perusahaan yang masing-masing cukup mampu untuk mempengaruhi harga pasar dari output yang dihasilkannya. Selain memiliki banyak bentuk dalam pasar oligopoli terdapat juga empat model yang umum dikenal yaitu:

  1. Model kolusi
  2. Model cournot
  3. Model kurva permintaan yang patah
  4. Model kepemimpinan harga

sumber :