Pasar persaingan monopolistik

 Pasar persaingan monopolistik

Mengacu kepada kasus dimana terdapat banyak penjual dari suatu produk yang terdiferensi dan perusahaan-perusahaan cukup mudah keluar dan masuk ke dalam industri dalam jangka panjang.

3.1) Karakteristik bentuk pasar persaingan monopolistik

  • Terdapat cukup banyak penjual dan pembeli namun tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna.
  • Produk yang dijual tidak homogen atau heterogen tapi dengan sengaja diperbedakan (diferensiasi), dimana memiliki ciri-ciri yang berbeda.
  • Adanya kemudahan untuk masuk keluar pasar
  • Promosi sangat diperlukan

4)      Pasar oligopoli

Adalah kasus ketika terdpat sedikit penjual dari sbuah produk yang homogen ataupun terdiferensi. Meskipun perusahaan baru mungkin saja masuk  ke dalam industri ini , tapi tidak mudah untuk melakukannya (terbukti dengan fakta bahwa dalam industri tersebut hanya terdapat sedikit perusahaan)

Pasar monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli sering juga disebut sebagai pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition).

4.1) Karakteristik bentuk pasar Oligopoli

  • Di pasar hanya ada sedikit penjual. Keputusan seorang penjual akan mempengaruhi penjual yang lain.
  • Produk-produk dapat distandarisasikan
  • Pembedaan produk (diferensiasi produk). Semakin besar tingkat diferensiasi produk, maka produsen semakin tidak tergantung pada aktivitas perusahaan lainnya.
  • Memungkinkan perusahaan lain untuk masuk ke pasar tapi tidak mudah
  • Promosi iklan sangat diperlukan untuk persaingan.

4.2) Macam-macan pasar Oligopoli

  • Oligopoli dengan diferensiasi produk

Produk yang dijual oleh perusahaan satu dengan dengan perusahaan lainnya dapat dibedakan. Misalnya industri mobil, kosmetik, elektronik dan lain-lain

  • Oligopoli tanpa diferensiasi produk

Produk yang dijual adalah homogen sehingga konsumen sulit membedakan antara barang yang satu dengan yang lainnya. Misalnya industri bahan-bahan kimia, seng dan lainnya.

sumber
https://icbbumiputera.co.id/seva-mobil-bekas/