Pandangan Ahli Psikologi

Pandangan Ahli Psikologi

Masa berkelompok Suatu masa di mana perhatian utama anak tertuju pada keinginan diterima oleh teman-teman sebaya sebagai anggota kelompok, terutama kelompok yang bergengsi dalam pandangan teman-temannya.

Masa penyesuaian diri : Oleh karena itu, anak ingin menyesuaikan dengan standar yang disetujui kelompok dalam penampilan, berbicara, dan perilaku agar mereka diterima dalam berkelompok. Seperti yang telah dijelaskan oleh Church dan Stone (28) : Bagi anak 7 atau 8 tahun, ukuran “dosa”yang paling buruk berbeda dari ukuran anak lain.. Ia meniru pakaian dan perilaku anak yang lebih tua dan mengikuti peraturan kelompok sekalipun bertentangan dengan peraturan dirinya, keluarga, dan peraturan sekolah.

Masa kreatif Suatu masa dalam rentang kehidupan di mana akan ditentukan apakah anak-anak akan menjadi konformis atau pencipta karya yang baru dan orisinil. Meskipun dasar-dasar untuk ungkapan kreatif diletakkan pada awal masa kanak-kanak, namun kemampunan untuk menggunakan dasar-dasar ini dalam kegiatan-kegiatan orisinil pada umumnya belum berkembang sempurna sebelum anak mencapai tahun-tahun akhir masa kanak-kanak.

Masa bermain Suatu masa yang bukan diartikan bahwa pada masa kanak-kanak akhir lebih banyak meluangkan waktu untuk bermain. Melainkan kanak-kanak akhir disebut usia bermain karena luasnya minat dan kegiatan bermain. Yakni terdapat tumpang tindih antara ciri-ciri bermain anak-anak yang lebih muda dengan ciri-ciri bermain anak-anak remaja

  1. Karakteristik Perkembangan Masa Kanak-Kanak Akhir

     Perkembangan Fisik

Akhir masa kanak-kanak merupakan periode pertumbuhan yang lambat dan relatif seragam sampai mulai terjadinya perubahan-perubahan pubertas, kira-kira dua tahun sebelum anak secara seksual menjadi matang pada saat mana pertumbuhan berkembang pesat.

Pertumbuhan fisik mengikuti pola yang dapat diramalkan meskipun sejumlah perbedaan dapat terjadi. Bentuk tubuh mempengaruhi tinggi dan berat dalam akhir masa kanak-kanak.

Kesehatan dan gizi yang baik merupakan factor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Semakin baik kesehatan dan dan gizi, anak cenderung semakin besar dari usia ke usia dibandingkan dengan anak yang kesehatan dan gizi nya kurang.

Ketegangan emosional juga mempengaruhi pertumbuhan fisik, anak yang tenang lebih cepat dari pada anak yang mengalami gangguan emosiaonal, meskipun gangguan emosional lebih banyak mempengaruhi berat dari pada tinggi.

sumber :
http://dewi_marisa12u.staff.ipb.ac.id/2020/06/06/review-kinemaster-pro/