ORGANISASI SEBAGAI SISTEM SOSIAL

ORGANISASI SEBAGAI SISTEM SOSIAL

ORGANISASI SEBAGAI SISTEM SOSIAL

ORGANISASI SEBAGAI SISTEM SOSIAL
ORGANISASI SEBAGAI SISTEM SOSIAL
Dalam berkehidupan kita tidak dapat hidup sendiri oleh karena itu kita harus saling membantu untuk mewujudkan kebutuhan kita ini maka dengan berkumpul kita membentuk suatu kumpulan orang orang yang terdiri dari 2 orang atau lebih, yang saling berinteraksi dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama yang di sebut organisasi Jadi secara garis besar unsur-unsur pembentuk sebuah organisasi yaitu :
– Kumpulan 2 orang atau lebih
– Berinteraksi dan bekerjasama
– Mencapai tujuan bersama
Sebagai manusia pada hakikatnya kita memiliki keterbatasan dan tidak dapat hidup sendiri, sebagian besar tujuannya (keinginan) hanya dapat terpenuhi apabila yang bersangkutan berhubungan dengan manusia lainnya jadi intinya kerjasama itu akan sangat membantu kita dalam mencapai tujuan hidup kita.Menurut Chester L barnard pembatasan-pembatasan pencapaian tujuan ada 2 faktor
• Pembawaan biologis atau kemampuan seseorang
• Faktor-faktor fisik lingkungan
Dalam suatu sistem sosial yaitu hubungan manusia yang kompleks dalam berinteraksi yang mempunyai relasi (hubungan). Dalam sebuah organisasi, sistem sosial mencakup semua orang di dalamnya dan hubungan mereka antara satu orang dengan orang lain dan kepada dunia luar.
Pada awalnya organisasi itu terbentu berupa sekumpulan orang ,kemudiaan kumpulan ini dibangun berdasarkan undangan atau panggilan. Atau mungkin melalui rekrutmen. Sehingga terbentuk banyak orang tapi tanpa sistem sosial.Dalam berkehidupan bersama, ada hirarki ada peran tapi ada kesatuan sosial. Melalui sistem sosial ini, ide bagus dicerna dan dihayati, kemudian diekspresikan kembali dalam tindakan praktis.Dalam tingkat yang matang, sistem sosial ini tumbuh menjadi organisasi. Jadi suatu sistem sosial merupakan bagian dari organisasi.