Mengapa desainer menciptakan produk yang tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi nyata

Mengapa desainer menciptakan produk yang tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi nyata

Mengapa desainer menciptakan produk yang tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi nyata

 

Mengapa desainer menciptakan produk yang tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi nyata
Mengapa desainer menciptakan produk yang tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi nyata

Manusia hebat dalam bercerita. Kami menggunakannya untuk mengajar anak-anak kami, untuk belajar tentang diri kami sendiri, dan untuk merencanakan jalan menuju masa depan. Fiksi spekulatif, membayangkan dunia yang bukan milik kita, adalah alat yang hebat untuk mempertimbangkan konsekuensi sosial dari hal-hal yang belum terjadi, kadang-kadang dalam skala besar.

Desainer juga memikirkan kemungkinan dan potensi: Apa yang dapat dibuat untuk mengatasi tantangan khusus ini, atau untuk memenuhi kebutuhan khusus ini? Seringkali, proses menjawab pertanyaan-pertanyaan ini melibatkan pembuatan prototipe untuk menguji suatu ide. Setelah Anda mendapatkan sesuatu dan mulai menggunakannya, Anda mengungkapkan kekurangan dan potensi yang mungkin tidak terlihat sebaliknya.

Konferensi TNW Couch
Bergabunglah dengan para pemimpin industri untuk menentukan strategi baru untuk masa depan yang tidak pasti

DAFTAR SEKARANG
Tetapi dalam dunia inovasi teknologi yang bergerak cepat, kadang-kadang kita tidak cukup berpikir tentang seperti apa masa depan sampai sebagian sudah ada di sini. Apakah kita siap untuk memutuskan siapa yang bertanggung jawab jika mobil yang dikendarai sendiri membunuh pejalan kaki ? Atau apakah algoritma pembelajaran mesin bisa diskriminatif ? Jika kita mulai melakukan diskusi yang menantang ini hanya ketika sejumlah besar uang dan upaya telah tenggelam dalam pembuatan prototipe yang berfungsi, mungkin sudah terlambat.

Sekelompok peneliti desain sedang mengambil taktik baru, menggabungkan penceritaan dan pembuatan prototipe. Mereka telah menciptakan bidang desain baru yang dikenal sebagai desain spekulatif, atau desain fiksi. Istilah “desain fiksi” diciptakan oleh Bruce Sterling dalam bukunya 2005 Shaping Things . Sterling terkenal sebagai desainer dan penulis fiksi ilmiah yang diakui secara kritis.

Namun, mulai sekitar tahun 2009, karya Julian Bleecker yang mempopulerkan istilah tersebut – dan memulai gerakan penelitian yang semakin menonjol. Fiksi desain mendeskripsikan praktik membuat prototipe yang tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi nyata, objek “dari dunia lain.” Prototipe ini bukan upaya untuk memprediksi bagaimana keadaannya tetapi untuk memulai diskusi berdasarkan apa yang mungkin terjadi.

Fiksi desain sekarang banyak digunakan dalam penelitian, oleh organisasi komersial, dan oleh seniman yang ingin mengajukan pertanyaan provokatif. The taat Dapat Dipakai dari Desain Gesekan mengajukan pertanyaan tentang privasi data dan marjinalisasi sosial. Pada Berlin Kunstgewerbemuseum, berbagai fiksi makanan berbasis yang dipamerkan hingga akhir September, termasuk sapi buatan untuk menyediakan lebih dari potongan tastiest daging sapi, dan ganggang yang terintegrasi dengan tubuh manusia untuk memberitahu kami bertahan hidup di sinar matahari.

Beberapa fiksi ini bisa sangat meyakinkan. Pada 2015, sekelompok peneliti dari Lancaster University menulis sebuah makalah akademis berjudul ” Game of Drones ,” membahas serangkaian peraturan baru yang diperkenalkan oleh Komisi Eropa yang mencakup penggunaan kendaraan udara tak berawak. Para peneliti menggambarkan sistem yang memungkinkan anggota masyarakat untuk menjadi “penegak drone,” dan memberikan demonstrasi video konsep.

The Sistem Penegakan Drone berubah penegakan hukum sipil ke dalam permainan, di mana pengguna jarak jauh bisa pilot drone untuk melakukan hal-hal seperti mencari parkir orang di mana mereka tidak seharusnya. Kesimpulan dari makalah ini menjelaskan sifat fiksi penelitian, tetapi beberapa orang masih tertipu untuk berpikir itu nyata – tidak hanya peserta konferensi yang melihat karya disajikan tetapi juga beberapa editor ditugaskan untuk meninjau makalah untuk publikasi.

Tim yang sama juga menghasilkan mesin “Voight-Kampff” , yang terinspirasi oleh “uji kemanusiaan” dengan nama yang sama dari Blade Runner . Dalam film itu, serangkaian pertanyaan berbasis empati memicu respons biologis yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah seseorang adalah manusia atau android. Dalam versi fiksi desain baru, perangkat menempel pada ponsel Anda dan mengukur reaksi seperti detak jantung dan pelebaran pupil untuk memberi tahu Anda apakah teman kencan Anda benar-benar menganggap Anda menarik. Tim mempertimbangkan untuk membuat halaman Kickstarter palsu, tetapi memutuskan bahwa ini akan terlalu dekat dengan penipuan yang disengaja. Meskipun demikian, mereka dihubungi oleh pembuat film dokumenter yang meminta untuk meliput cerita dan perkembangannya.

Kredit gambar: Imajinasi Lancaster

Konteksnya juga penting. Pada Mei 2018, The Verge mengungkap video yang dibagikan secara internal di Google pada 2016. The Selfish Ledger menunjukkan bagaimana koleksi besar data kami dapat digunakan untuk memandu orang untuk memenuhi tujuan hidup tertentu, baik yang dipilih sendiri atau yang mencerminkan “nilai-nilai Google sebagai sebuah organisasi.” Pada akhirnya, video ini menyarankan, mungkin untuk mengurutkan perilaku seperti yang kita lakukan pada genom manusia, menyediakan alat untuk memprediksi atau bahkan memanipulasi kehidupan manusia. Ketika ditanya tentang video itu, seorang juru bicara Google mengakui bahwa itu mengganggu – tetapi mengatakan bahwa itu memang dimaksudkan. Video itu adalah fiksi desain yang dibuat untuk memancing diskusi di dalam perusahaan, dan tidak pernah dimaksudkan untuk mewakili proyek nyata.

Kebanyakan fiksi desain tidak dimaksudkan untuk menipu, hanya untuk memancing diskusi. Di University of Aberdeen, tempat saya menjadi peneliti, kami menggunakan fiksi desain sebagai alat bagi akademisi untuk memikirkan implikasi teknologi, dan untuk membawa beberapa pertanyaan ini kepada orang-orang, itu akan berdampak paling langsung.

Proyek TrustLens bekerja dengan orang-orang di daerah Tillydrone, Aberdeen. Tillydrone mendapat skor tinggi di ” Indeks Perampasan Ganda ” Skotlandia , dan penduduk menghadapi banyak tantangan sosial dan ekonomi. Semakin banyak badan publik seperti dewan lokal dijual dengan gagasan bahwa teknologi dapat meningkatkan ruang perkotaan. Kemungkinan termasuk perangkat sensor yang terhubung, yang membentuk apa yang disebut “Internet of Things.”

Kami merancang serangkaian penggunaan yang masuk akal untuk IoT, seperti tempat sampah pintar yang

mengingatkan dewan ketika mereka perlu mengosongkan dan memanggil pemadam kebakaran jika asap terdeteksi. Konsep-konsep ini diubah menjadi objek desain-fiksi: selebaran informasi dewan, kartu ID tempat sampah untuk penduduk, dan artikel dari koran lokal .

Kredit gambar: Proyek TrustLens
Kami kemudian mengeksplorasi konsekuensinya dalam diskusi dengan penduduk setempat. Informasi apa yang harus diperoleh publik tentang sensor ruang publik semacam ini, dan kapan? Bagaimana seharusnya data dikelola untuk melindungi privasi orang? Apakah kita punya pilihan apakah ruang publik kita dilacak dan dimonitor?

Dengan membuat objek yang dapat disentuh dan dapat disentuh, kita tidak hanya bisa bercerita tetapi juga

menempatkan diri kita dalam cerita. Fiksi desain tidak mencoba memberi kita peta jalan ke masa depan, tetapi ia membiarkan kita membuat keputusan: Jika cerita seperti ini menjadi kenyataan, apakah itu utopia atau mimpi buruk? Apakah genre itu fantasi atau horor? Setelah kami mengetahui hal itu, kami memiliki amunisi tambahan untuk memastikan kami mencapai masa depan yang benar-benar kami inginkan dan butuhkan.

Kisah Naomi Jacobs ini awalnya muncul di How We Get To Next , sebuah proyek nirlaba yang tertarik menjelajahi persimpangan antara sains, teknologi, dan budaya, dan bagaimana hal-hal itu mengubah masa depan. Ikuti mereka di Twitter , Facebook , dan berlangganan buletin mereka .

Sumber:

https://study.mdanderson.org/eportfolios/2771/Home/Looking_for_Used_Cars_Special_Conditions_Sevaid_The_solution