Manifestasi Klinis

Manifestasi Klinis

Jika struma cukup besar, akan menekan area trakea yang dapat mengakibatkan gangguan pada respirasi dan juga esofhagus tertekan sehingga terjadi gangguan menelan. Peningkatan seperti ini jantung menjadi berdebar- debar, gelisah, berkeringat, tidak than cuaca dingin, dan kelelahan. Pada umumnya kelainan-kelainan yang dapat menampakkan diri sebagai struma nodosa seperti tiroditis. Struma nodosa dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa hal yaitu :

  1. Berdasarkan jumlah nodul: bila jumlah nodul hanya satu disebut struma nodosa soliter (uninodosa) dan bila lebih dari satu disebut struma multinodosa.
  2. Berdasarkan kemampuan menyerap iodium radioaktif: ada 3 bentuk nodul trioid yaitu nodul dingin, hangat, dan panas.
  3. Berdasarkan konsistensinya: lunak, kistik, keras dan sangat keras.

Keganasan umumnya terjadi pada nodul yang soliter dan konsistensinya keras sampai yang sangat keras. Yang multiple biasanya tidak ganas, kecuali apabila salah satu dari nodul tersebut lebih menonjol dan lebih keras dari pada lainnya. Apabila suatu nodul nyeri pada penekanan dan mudah digerakkan, kemungkinan terjadi suatu perdarahan kedalam kista, tiroiditis. Tetapi kalau nyeri dan sukar digerakkan kemungkinan besar suara karsinoma.

Pada umumnya pasien struma nodosa datang berobat karena keluhan akan keganasan , sebagian kecil pasien khususnya yang dengan struma nodosa besar mengeluh adanya gejala mekanis yaitu: penekanan pada trakea. Diagnosis ditegakkan atas dasar adanya struma yang bernodul dengan keadaan eutiroid.

  1. Penatalaksanaan

Terapi struma antara lain dengan penekanan TSH oleh tiroksin, yaitu pengobatan yang mengakibatkan penekanan TSH hifofisis, dan penghambatan fungsi tiroid disertai atrofi kelenjar tiroid. Pambedahan dapat dianjurkan untuk struma yang besar untuk menghilangkan gangguan mekanik dan kosmetis yang diakibatkannya. Pada masyarakat tempat struma timbul sebagai akibat kekurangan iodium, garam dapur harus diberi tambahan iodium.

  1. kesimpulan

Melihat uraian diatas dapat di simpulkan penyakit struma nodosa merupakan salah satu penyakit yang penyebab pasti pembesaran kelenjar tiroid tidak diketahui, namun sebagian besar penderita menunjukkan gajalah-gejalah tiroiditis ringan.

Perjalanan penyakit ini iodium merupakan semua bahan utama yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan hormone tiroid. Bahan yang mengandung iodium diserap usus, masuk kedalam sirkulasi darah dan ditangkap paling banyak oleh kelenjar tiroid. Dalam kelenjar, iodium dioksida menjadi bentuk yang aktif yang distimuter oleh tiroid stimulating hormone kemudian disatukan menjadi molekul tiroksin yang terjadi pada fase sel koloid.

Penatalaksanaan pada penyakit struma Terapi struma antara lain dengan penekanan TSH oleh tiroksin, yaitu pengobatan yang mengakibatkan penekanan TSH hifofisis, dan penghambatan fungsi tiroid disertai atrofi kelenjar tiroid. Pambedahan dapat dianjurkan untuk struma yang besar untuk menghilangkan gangguan mekanis dan kosmetis yang diakibatkannya.

baca juga :