Manfaat Lapisan Troposfer

Manfaat Lapisan Troposfer

Manfaat Lapisan TroposferManfaat Lapisan Troposfer

Lapisan troposfer adalah merupakan lapisan yang paling rendah dan ada di sekitar makhluk hidup. Berikut adalah Beberapa manfaat dari lapisan troposfer ini antara lain:

Manfaat Lapisan Troposfer

Sebagai Sumber udara

Lapisan ini yang paling banyak mengandung karbondioksida yang banyak diperlukan bagi kelangsungan hidup bagi mahkluk hidup yang ada di bumi dan merupakan ruang publik untuk kehidupan.

Sebagai Tempat terjadinya hujan
Troposfer merupakan lapisan yang memliki uap air yang nantinya akan segera mengalami kondensasi sebelum mencapai tropopuse kemudian akan jatuh lagi kembali ke bumi dalam bentuk struktur bumi yang lain yaitu berbentuk cair yang biasa disebut dengan hujan.

Tempat Terbentuknya cuaca
Lapisan troposfer merupakan satu satunya lapisan atmosfer yang merupakan tempat terjadinya cuaca serta fenomena alam seperti hujan, angin darat, angin laut, awan, petir, kabut serta fenomena alam lain. Manusia mengetahui cuaca yang ada dibumi dengan melihat lapisan troposfer dari permukaan bumi.

Lapisan aman untuk melajukan pesawat terbang
Perlu diketahui, pesawat terbang yang melintas ternyata menggunakan lapisan troposfer. Pesawat sekarang telah memudahkan manusia untuk melakukan perjalanan jauh ke berbagai negara dengan waktu yang singkat dan tempat yang nyaman melalui jalur udara yaitu melalui lapisan troposfer ini.

Lapisan yang terdapat uap air
Suhu di permukaan troposfer sangat rendah. Oleh sebab itu Kerendahan suhu pada lapisan troposfer ini menyebabkan uap air tidak dapat menembus kelapisan atmosfer yang lebih tinggi.

Sumber: https://robinschone.com/facebook-tampilkan-logo-untuk-kenali-sumber-artikel/