Manfaat Dari Kandungan Daun Sirih Merah Untuk Mengobati Penyakit

Manfaat Dari Kandungan Daun Sirih Merah Untuk Mengobati Penyakit

Manfaat Dari Kandungan Daun Sirih Merah Untuk Mengobati Penyakit

Manfaat Dari Kandungan Daun Sirih Merah Untuk Mengobati Penyakit
Manfaat Dari Kandungan Daun Sirih Merah Untuk Mengobati Penyakit

Daun sirih merah (Sirih merah) Adalah tumbuhan yang merambat, Yang di tanam orang karena khasiat pengobatan juga keindahan daunya. Tumbuhan daun sirih merah ini masih berkerabat dekat dengan sirih biasa maupun lada. Nama ilmiah tumbuhan asal sulawesi ini adalah (Piper omatum), Namun beberapa pustaka mengacaukanya dengan (piper crocatum), Tumbuhan yang tidak di budidayakanyang berasal dari benua Amerika. Dan sirih merah tersebut juga dapat di gunakan sebagai obat Diabetes militus, Hepatitis, Asam urat, Batu ginjal, Menurunkan kolesterol, Mencegah strok, Keputihan, Radang prostat, Maag, Kelelahan, Nyeri sendi, Juga memperhalus kulit.

Manfaat Dari Kandungan Daun Sirih merah Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Sirih merah tersebut yang biasanya sangat mudah di kembangkan atau di budidayakan pada daerah yang memiliki dataran yang tinggi. Cara membudidayakan tumbuhan ini juga sangalah mudah, Yaitu hanya tinggal memotong dari bagian batang sirih merah dan di masukkan ke dalam kolibet kemudian di letakkan di area yang lembab serta tidak terkena cahaya matahari secara lansung. Jika di desa yang biasanya di tanam di sekitar pembuangan air orang mandi.

Pada saat penanaman tumbuhan daun sirih merah ini di letakkan pada tempat area yang dapat langsung terjangkau oleh sinar matahari, maka berkemungkinan besar sirih merah ini tidak akan dapat hidup, Sebab batangnya Lama-kelamaan akan mengalami pengeringan, Serta berbagai kandungan sirih merah akan hilang bersama penyusutan batangnya.

Manfaat Lain Daun Sirih

Manfaat Dan Kandungan Daun Sirih merah Untuk Mengobati Penyakit memang telah terkenal dan telah cukup familiar di kalangan pecinta tumbuhan obat Herbal. Tumbuhan daun sirih merah ini memiliki sebutan ilmiah, Sebutan ilmiah daun sirih merah tersebut adalah (Crocatum Piper). Daun sirih merah ini termasuk kedalam jenis tumbuhan anggur, Dan daun dari tumbuhan sirih ini yang berbentuk seperti hati dan berwarna merah Kehijau-hijauan.

Berikut Kandungan Daun Sirih Merah

Tumbuhan daun sirih merah ini mengandung berbagai macam zat kimia, Adapun kandungan yang dapat kita peroleh dari tumbuhan ini adalah seperti adanya kandungan (Allylprokatekol, Alkaloid, Kandungan cineole, Kandungan ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol, Minyak astsiri) Dan masih banyak lagi manfaat kandungan dari daun sirih merah tersebut.

Berikut manfaat yang dapat kita ambil dari berbagai zat kimia dan kandungan tumbuhan daun sirih merah untuk kesehatan dan berbagai macam untuk mengobati penyakit.

  1. Sirih merah dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia seperti, Dapat memberikan anti kanker alami, antioksidan, sebagai tumbuhan anti-inflantasi anti septic, dan antideabetik. Mengapa daun sirih merah dapat memberikan manfaat sebegitu banyak dan besarnya, Hal ini di karenakan tumbuhan sirih merah mengandung Zat (Flavonoid polivenol).
  2. Manfaat daun sirih yang seterusnya dapat memberikan perlindungan bagi tubuh manusia agar proses pertumbuhan yang terjadi pada sel kanker di dalam tubuh dapat tercegah dan terhambat. Hal ini di dasari bahwa daun sirih merah mengandung senyawa kimia yang bernama (alkaloid).
  3. Sirih merah ternyata dapat berguna untuk obat alami anti jamur serta dapat di gunakan juga sebagai obat alami (disinfektan). Mengapa demikian, karena daun sirih merah ternyata mengandung Zat (karvakol) Nah Zat inilah yang kemudian memberikan manfaat anti jamur dan desinfektan Alami.
  4. Tidak berhenti begitu saja sirih merah juga dapat bermanfaat sebagai salah satu obat alami analgesic atau yang terlebih populer yang sangat di kenal masyarakat sebagai obat alami penenang. Hal ini di perkuat dengan adanya senyawa (eugenol) yang terkandung pada sirih merah tersebut.
  5. Kandungan atau senyawa kimia (Tannin), Senyawa kimia ini ternyata memiliki peran untuk kesehatan tubuh manusia, Terutama berguna untuk obat lalami penyembuh diare/mencret Dan bermanfaat baik sebagai tumbuhan herbal antiseptic penyembuh luka sayat.

 

Sumber: https://www.duniabudidaya.co.id