Mahasiswa IPB Wakili Indonesia di KIWW 2018

Mahasiswa IPB Wakili Indonesia di KIWW 2018

Mahasiswa IPB Wakili Indonesia di KIWW 2018

Mahasiswa IPB Wakili Indonesia di KIWW 2018
Mahasiswa IPB Wakili Indonesia di KIWW 2018

Isu lingkungan perairan berhasil membawa empat mahasiswa Institut Pertanian Bogor

(IPB) menjadi wakil Indonesia dalam kegiatan Korea International Water Week (KIWW) 2018. Mereka adalah Indah Ratna Yutami, Fathan Zain Al Wafi, Gravita Puji Lestari dan Intan Permata Sari. Keempatnya mengikuti kegiatan yang digelar Korea Water Forum di Korea Selatan sejak Rabu sampai Sabtu (12-15/9).

Tergabung dalam Unit Kegiatan Ma­hasiswa (UKM) Indonesian Green Action Forum

(IGAF), empat maha­siswa IPB itu sukses menjadi dele­gasi Indonesia dalam KIWW 2018. Ini merupakan kegiatan yang salah satu bidangnya membahas mengenai proyek perairan dengan tema “Ke­mitraan Air Untuk Pembangunan Berkelanjutan”.

Cakupannya mengenai kepemim­pinan global untuk Sustainable De­velopment Goals

(SDG’s), implemen­tasi solusi, penciptaan nilai ekonomi dan sosial serta berbagai pengeta­huan. “Rangkaian acaranya adalah seminar tentang proyek-proyek menge­nai air yang dihadiri 70 negara,” kata Gravita Puji Lestari.

Empat mahasiswa ini membahas riset air untuk perkembangan sosial dan ekonomi yang bercermin pada kondisi sungai di Bogor. Contoh riset yang dibahas adalah pemanfaatan komoditi lokal sebagai alat atau bahan mikrofiltrasi air sungai yang lebih ekonomis, mudah dan efisien yang sasarannya ke masyarakat.

Riset lain yang dibahas adalah pe­manfaatan kulong (sumur-sumur air pasca tambang) sebagai sarana ekowisata yang mampu meningkat­kan perkembangan ekonomi masy­arakat.

Selain topik mengenai air, mereka juga membahas salah satu riset dari mahasiswa IPB yaitu karbonaktif dari cangkang Bintaro di hadapan Menteri India, Ethiopia, Maroko, In­donesia dan Amerika.(

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/