KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

  1. Definisi

Katz dan Kahn mengatakan bahwa komunikasi organisasi meupakan arus informasi, pertukaran informasi dan pemindahan arti dalam suatu organisasi.Berkomunikasi berarti kita sedang berusaha untuk mencapai kesamaan makna, melalui komunikasi kita mencoba berbagi informasi, gagasan atau sikap kita dengan partisipan lainnya.

  1. Konsep Komunikasi

Dengan landasan konsep-konsep komunikasi, maka diberi bahasan tentang komunikasi organisasi secara sederhana, yaitu komunikasi antar manusia yang terjadi dalam konteks organisasi.

  1. Proses Komunikasi

Proses komunikasi dalam suatu organisasi menurut Jerry W. Koehler dan kawan-kawan, bagi suatu organisasi, perspektif perilaku dipandang lebih praktis karena komunikasi dalam organisasi bertujuan untuk mempengaruhi penerima (receiver).

  1. Fungsi Komunikasi dalam Organisasi

Dalam suatu organisasi baik yang berorientasi komersial maupun sosial, melibatkan empat fungsi, yaitu: fungsi informatif(informasi), regulatif(peraturan), persuasif(mengatur), integratif(saluran).

  1. Memahami Komunikasi dalam Organisasi

Gaya komunikasi didefinisikan sebagai seperangkat perilaku antarpribadi yang terspesialisasi yang digunakan dalam situasi tertentu. Gaya komunikasi akan memberikan pengetahuan tentang bagaimana perilaku orang-orang dalam suatu organisasi ketika mereka berbagi informasi dan gagasan.

  1. Kekuasaan dalam Organisasi

Kekuasaan adalah kualitas yang melekat dalam satu interaksi antara dua atau lebih individu. Contoh: orang-orang yang berada pada pucuk pimpinan suatu organisasi seperti direktur, manajer, dan lain-lain.

sumber :
https://rakyatlampung.co.id/seva-mobil-bekas/