Khasiat Bawang Putih Lainnya

Khasiat Bawang Putih Lainnya

Khasiat bawang putih yang biasanya sering digunakan oleh ibu-ibu untuk bumbu aneka masakan sebagai menambah citra rasa ini ternyata juga mempunyai banyak manfaat lain yaitu untuk kesehatan tubuh kita. Bawang putih memiliki kemampuan yang hebat dalam menyembuhkan beberapa penyakit walaupun aromanya sangat menyengat. Para ilmuan sendiri juga sudah lama memperhatikan akan tingginya manfaat umbi satu ini dalam perannya melawan berbagai macam penyakit. Bila ingin merasakan khasiatnya yang lebih, jangan mengkonsumsi dalam bentuk bumbu masak tetapi makanlah dalam keadaan segar atau dengan kata lain memakannya secara langsung dalam keadaan bentuk yang utuh, Begitulah inti sari dari sebuah riset yang dimuat American Chemical Society’s Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Berbagai Khasiat Bawang Putih.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang putih memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung atau penyumbatan. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung sulfida yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol LDL.

2. Membunuh Kuman didalam Tubuh

Bawang putih memiliki kandungan senyawa kimia aktif yaitu allicin yang dikenal sebagai pembunuh kuman atau antibakteri.

3. Sebagai Pelindung dari Infeksi

Allicin juga berguna untuk meningkatkan antibodi dan pelindung tubuh dari infeksi.

4. Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes

Konsumsilah beberapa siung bawang putih setiap harinya karena dengan mengkonsumsi secara langsung (tidak dikonsumsi dalam bentuk bumbu masakan) akan mendapatkan manfaatnya yang lebih bagi kesehatan kita. Dengan melakukan hal tersebut tingkat insulin dalam aliran darah akan meningkat.

5.  Mengobati Sakit pada Telinga

Antioksidan dari bawang putih berguna untuk mengeluarkan kotoran didalam telinga dan membunuh bakteri. Coba teteskan 3 tetes minyak bawang putih hangat (hasil ekstrak) ke telinga yang sakit untuk membantu infeksi atau sakit pada telinga.

6. Melancarkan Pencernaan

Dengan mengkonsumsi beberapa potongan kecil siung bawang putih setelah makan maka kinerja sistem pencernaan kita akan meningkat dengan baik. Saat mengkonsumsi potongan-potongan tersebut boleh menggunakan air sebagai bantuan untuk menelannya. Ini adalah cara yang efektif untuk terhindar dari sembelit.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah

khasiat bawang putih yang lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah karena racun didalam tubuh akan keluar setelah mengkonsumsinya. Hal tersebut juga dapat membuat kulit akan terlihat lebih sehat.

8. Menyembuhkan Patah Tulang

Minyak bawang putih dapat membantu ketika masa penyembuhan tulang yang patah akibat kecelakan. Pijat dengan pelan-pelan menggunakan minyak tersebut pada daerah patah tulang.

9. Menghangatkan tubuh dan mengobati flu

Tumis satu siung bawang putih menggunakan sedikit minyak. Kemudian masukkan satu siung bawang putih yang sudah ditumis tersebut kedalam semangkok sup sayur (bisa disajikan bersama hidangan lainnya). Dengan mengkonsumsi tumisan bawang putih tersebut dapat membantu mengencerkan lendir yang berada didalam saluran pernafasan karena flu dan dapat menghangatkan tubuh kita.

10. Menghilangkan Jerawat

Haluskan 2 siung bawang putih atau sesuaikan dengan kebutuhan dengan cara menumbuknya. Jika sudah halus, langsung oleskan dibagian kulit yang berjerawat dan diamkan kurang lebih selama 10 menit. Lakukan hal tersebut ketika malam hari dan jerawat anda akan mengempes pada pagi harinya jika jerawat tidak terlalu parah.

Baca juga: