Kemenpora Ajak Mahasiswa Optimalkan Potensi Wirausaha

Kemenpora Ajak Mahasiswa Optimalkan Potensi Wirausaha

Kemenpora Ajak Mahasiswa Optimalkan Potensi Wirausaha

Kemenpora Ajak Mahasiswa Optimalkan Potensi Wirausaha
Kemenpora Ajak Mahasiswa Optimalkan Potensi Wirausaha

 

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengajak generasi muda khususnya

para mahasiswa untuk mengoptimalkan aktual potensi wirausaha yang ada didalam dirinya yang harus ditumbuhkembangkan.

Hal itu diutarakan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni’am Sholeh pada Kuliah Kewirausahaan Pemuda 2019: Kerjasama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Universitas YARSI di Auditorium kampus YARSI, Jakarta, Rabu (26/6/2019) yang bertema “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di Era Digital”.

Menurut Asrorun seseorang yang sukses di wirausaha itu wajib memiliki daya kreativitas yang tinggi dan tentunya telah melalui proses panjang dalam mengaktualkan potensinya. Oleh karena itu perlu adanya interaksi dengan berbagai pihak yang mendukung di bidang entrepreneur agar daya kreativitas dan inovatif itu semakin tumbuh dan berkembang.

“Sebagai mahasiswa baiknya nongkrongnya harus dengan pihak yang jelas, ikut aktif

perkuliahan wirausaha dan bergabung dengan mentor-mentor luar biasa yang bisa membantu, maka hal itu akan membuka peluang wirausaha kita dengan sendirinya,” jelas dia di hadapan para mahasiswa dan dosen Universitas YARSI di jalan Cempaka Putih Jakarta.

Diakui, pemerintah dalam hal ini Kemenpora memiliki komitmen di dalam penumbuhan minat kewirausahaan untuk kalangan kaum muda, salah satu tanggung jawabnya didalam pengembangan kepemudaaan adalah bidang kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan.

Pemuda merupakan elemen paling strategis didalam menentukan kemajuan suatu bangsa. Dalam peta demografi Indonesia, usia pemuda pada tahun ini hingga 2035 berada di dalam kondisi yang disebut bonus demografi. Usia pemuda saat ini sangat besar dari sisi jumlah, artinya dari sisi potensi untuk maju, bangsa Indonesia cukup besar.

“Potensi ini perlu dikapitalisasi dan diaktualkan, dengan cara perbaikan aspek pendidikan,

pengembangan bidang kepemimpinan dan kepeloporan serta pengembangan kewirausahaan. Untuk optimalisasi ini, kemenpora konsen pengembangan kewirausahaan dengan beberapa tahap,” ungkap dia.

Tahapan itu adalah penumbuhan minat dan bakat kewirausahaan melalui kuliah kewirausahaan yang tengah berjalan ini. Setelah tumbuh minat dan digeluti kalangan kaum muda, tumbuhkan potensi dan kemauan serta komitmen untuk keberanian untuk memulai di bidang masing-masing.

“Memang mahasiswa yang merangkap menjadi wirausaha itu belum terlalu dipercaya karena masih baru. Maka tugas kami membangun keyakinan dan memberikan daya dukung salah satunya bantuan dukungan fasilitasi pengembangan kewirausahaan. Pemerintah melalui Kemenpora menyediakan paket bantuan kewirausahaan guna mendorong tumbuh suburnya berbagai startup-startup baru.

 

Sumber :

http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/sejarah-arya-damar/