Kelemahan Teori Malthu

Kelemahan Teori Malthus

Teori yang dikemukakan Malthus terdapat beberapa kelemahan antara lain:

  1. Malthus tidak yakin akan hasil preventive cheks.
  2. Ia tak yakin bahwa ilmu pengetahan dapat mempertinggi produksi bahan makanan dengan cepat.
  3. Ia tak menyukai adanya orang-orang miskin menjadi beban orang-orang kaya
  4. Ia tak membenarkan bahwa perkembangan kota-kota merugikan bagi kesehatan dan moral dari orang-orang dan mengurangi kekuatan dari negara

Akan tetapi bagaimanapun juga teorinya menarik perhatian dunia, karena dialah yang mula-mula membahas persoalan penduduk secara ilmiah. Disamping itu essaynya merupakan methode untuk menyelesaikan atau perbaikan persoalan penduduk dan merupakan dasar bagi ilmu-ilmu kependudukan sekarang ini.

Pengikut-Pengikut Teori Malthus

  1. Francis Flace (1771-1854)

Pada tahun 1882 menulis buku yang berjudul Illustration and Proofs of the population atau penjelasan dari bukti mengenai asas penduduk. Ia berpendapat bahwa pemakaian alat kontrasepsi tidak menurunkan martabat keluarga, tetapi manjur untuk kesehatan. Kemiskinan dan penyakit dapat dicegah.

  1. Richard Callihie (1790-1843)

Ia menulis buku yang berjudul “What Is Love”, apakah cinta itu menurut dia. Mereka yag berkeluarga tidak perlu mempunyai anak yang lebih daripada yang dapat dipelihara dengan baik. Wanita yang kurang sehat tidak perlu warna menghadapi bahaya maut karena kehamilan. Senggama dapat dipisahkan dari ketakutan akan kehamilan.

sumber :