Karakteristik Pasar Sempurna

Karakteristik Pasar Sempurna

  • Homogenitas produk

Adalah produk yang mampu memberikan kepuasan  kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya. Konsumen tidak membeli merek barang tetapi kegunaan barang. Karena itu semua perusahaan dianggap mampu memproduksi barang dan jasa dengan kualitas dan karakteristik yang baik.

  • Pengetahuan sempurna Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen)

memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual. Dengan, demikian, konsumen tidak akan mengalami perlakuan harga jual yang berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaa lainnya.

  • Output perusahaan relatif kecil

Semua perusahaan dalam industri (pasar) dianggap berproduksi efisien (biaya rata-rata rendah), baik dlam jangka pendek maupun jangka panjang .

  • Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar

Konsekuensi dari asumsi diatas adalah bawa perusahaan menjual produknya dengan berpatokan  pada harga yang ditetapkan pasar karena secara individu perusahaan tidak mampu memengaruhi harga pasar. Yang dapat dilakukan perusahaan adalah menyesuaikan jumlah output untuk mencapai laba maksimum.

  • Keleluasan masuk-keluar pasar

Pemikiran yang mendasari asumsi adalah dalam pasar persaingan sempurna faktor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikeluarka untuk memndahkan faktor produksi.hal tersebut menyebabkan perusahaan leluasa untuk keluar masuk pasar.

sumber :
https://deevalemon.co.id/seva-mobil-bekas/