Hubungan Antara IP Security dan SSL dengan HTTPS

Hubungan Antara IP Security dan SSL dengan HTTPS

Hubungan Antara IP Security dan SSL dengan HTTPS

Hubungan Antara IP Security dan SSL dengan HTTPS

Pengertian singkat dari IP Security adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengamankan transmisi datagram dalam sebuah internetwork berbasis TCP/IP.


IPSec didesain untuk menyediakan interoperabilitas, kualitas yang baik, sekuriti berbasis kriptografi untuk IPv4 dan IPv6. layanan yang disediakan meliputi kontrol akses, integritas hubungan, otentifikasi data asal, proteksi  jawaban lawan, kerahasiaan enkripsi!, dan pembatasan aliran lalulintas kerahasiaan. Layanan ini tersedia dalam IP layer, memberi perlindungan pada IP dan layer protokol berikutnya.


IP Security menyediakan sederet layanan untuk mengamankan komunikasi antar komputer dalam  jaringan. Selain itu juga menambah integritas dan kerahasiaan, penerima  jawaban optional penyortiran jawaban! dan otentifikasi data asal melalui manajemen kunci S$!, IP Security juga menyediakan kontrol akses untuk lalulintas yang melaluinya.


Sedangkan HTTP dan SLL secara singkat merupakan salah satu metode enkripsi dalam komunikasi data yang dibuat oleh Netscape Communication Corporation yaitu gabungan dari HTTP dengan SSL sehingga menghasilkan HTTPS. Suatu protokol kriptografi menggunakan algoritma yang berbeda untuk mengimplementasikan keamanan menggunakan autentikasi dengan sertifikat, algoritma pertukaran kunci sesi, enkripsi dan memeriksa integritas. Ini adalah protokol umum, sering digunakan untuk memastikan bahwa komunikasi antara www-server dan www-klien aman dan dienkripsi pada dasarnya protokol dikembangkan untuk membuat sambungan aman antar web server dan browser.


Jadi kesimpulannya adalah dari IP adalah sebuah perangkat lunak jaringan komputer yang terdapat dalam satu sistem dan memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu grup network/jaringan dengan aman yang di sebut IP Security. Kemudian mengkases URL (Uniform Resource Locator), yaitu cara penamaan alamat file di Internet. URL merupakan serangkaian karakter (dapat berupa huruf, angka, ataupun simbol) yang sesuai dengan format standar yang sudah ditentukan, URL digunakan untuk menunjukkan alamat/ address suatu sumber yang ada. Dan URL sendiri mempunyai beberapa bagian penting, seperti :


  • Protokol

Tanpa adanya protocol yang tepat maka kita tidak akan dapat mengakses URL, contoh protokol yaitu: http://, https://, ftp://

  • Alamat Server

PenyediaDalam mengakses URL tentunya kita harus mengetahui alamat server/ penyedianya. Contohnya yaitu: facebook.com


  • Path File

Merupakan tempat/ lokasi file yang akan kita tuju.


Sumber: https://www.twittsev.com/2020/04/24/explosive-zombie-apk/