Generasi Gametofit 

Generasi Gametofit

Merupakan tumbuhan penghasil gamet. Generasi gametofit ditandai dengan adanya protalium yaitu tumbuhan paku baru yang berbentuk seperti jantung, berwarna hijau, dan melekat pada substrat dengan rizoidnya. Generasi gametofit tidak berlangsung lama karena biasanya protaliumnya berukuran kecil dan tidak berumur panjang.

Di dalam protalium terdapat suatu gametangium sehingga dapat membentuk anteridium yaitu alat kelamin jantan yang akan menghasilkan sperma, dan arkegonium yaitu alat kelamin betina yang akan menghasilkan sel telur. Jika terjadi pertemuan antara sperma dengan sel telur maka akan terbentuk zigot dan akan tumbuh menjadi tumbuhan paku baru.

Klafikasi tumbuhan  paku

Tumbuhan Paku diklasifikasikan berdasarkan perbedaan morfologi tubuh. Berdasarkan hal tersebut, tumbuhan paku dibagi menjadi empat divisi, yaitu :

1)        Psilophyta (paku purba / paku telanjang)

Jenis paku ini sebagian besar telah punah, tumbuhan ini belum berdaun dan berakar, batang telah mempunyai berkas pengangkut, bercabang cabang menggarpu dengan sporangium pada ujung cabang-cabangnya.

Sporofil menghasilkan satu jenis spora (homospora).

Contoh :  Rhynia major dan Psilotum sp

2)        Lycophyta (Paku kawat / paku rambat)

Tumbuhan paku ini berdaun kecil, tersusun spiral, sporangium terkumpul dalam strobilus dan muncul di ketiak daun, batang seperti kawat.

ContohSelaginella sp (paku rane), sebagai tanaman hias,  Lycopodium sp.(paku kawat), sebagai tanaman hias, Lycopodium clavatum, sebagai bahan obat-obatan.

3)        Equisetophyta / Sphenophyta

Tumbuhan paku ini memiliki daun mirip kawat serta daunnya tersusun dalam satu lingkaran. Bentuk batangnya mirip dengan ekor kuda. Oleh karenanya, divisio ini disebut paku ekor kuda.

Contoh : Equisetum debile, memiliki batang yang keras karena mengandung silika. Sporangium terdapat pada suatu struktur berbentuk kerucut yang disebut strobilus

4)        Pterophyta / Felicinae (paku sejati)

Telah memiliki akar, batang, dan daun sejati. Daun umumnya berukuran besar atau disebut juga megafil. Batangnya dapat tumbuh di bawah tanah (seperti rhizoma) ataupun batangnya tumbuh di atas tanah.

Contoh : Adiantum cuneatum (suplir), Adiantum farleyense (ekor merak), Asplenium nidus (paku sarang burung), Platycerium bifurcatum (paku tanduk rusa), Marsilea crenata (semanggi),  Azolla pinnata (paku air), Salvinia natans (paku sampan),  Alsophilla glauca (paku tiang)

Pos-pos Terbaru