FSGI Tangkap Kegaduhan UNBK SMP Hari Pertama

FSGI Tangkap Kegaduhan UNBK SMP Hari Pertama

FSGI Tangkap Kegaduhan UNBK SMP Hari Pertama

FSGI Tangkap Kegaduhan UNBK SMP Hari Pertama
FSGI Tangkap Kegaduhan UNBK SMP Hari Pertama

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Heru Purnomo menyayangkan kegaduhan teknis Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP yang terjadi dimana-mana. Parahnya, kendala teknis ini lebih luas dibanding UNBK jenjang SMA dan SMK yang lalu.

Bahkan, Heru mendapat laporan aduan dari beberapa daerah seperti di provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah dan beberapa sekolah di DKI Jakarta.

“Ada orang tua yang menelpon kami dan menceritakan kecemasan anaknya yang belum mulai

ujian hingga jam 11.00 WIB,” terang Heru dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/4).

Heru menerangkan, Posko FSGI sebenarnya telah menerima beberapa keluhan sejak persiapan UNBK tiga hari belakangan. Khususnya dari sekolah yang baru pertama melaksanakan UNBK. Mereka khawatir jika terjadi gangguan pada saat ujian berlangsung.

Nyatanya benar, ketika siswa sudah siap berada di ruangan, terjadi kendala teknis lantaran server pusat kabarnya sedang maintenance. Ini timbul sebenarnya akibat kurang siapnya tim teknis UNBK.

“Karena tidak seharusnya ada maintenance server di saat berlangsungnya ujian,

ditambah lagi kurangnya edukasi terhadap tim teknis sekolah dalam melakukan troubleshooting pada aplikasi CBT UNBK 2018,” jelas Heru.

Maka dari persoalan tersebut, FSGI memberikan beberapa saran seperti Kemendikbud harus memastikan informasi atau edukasi tentang manual UNBK dan troubleshooting CBT-nya sampai kepada tim teknis sekolah.

“Selama ini Kemendikbud hanya memercayakan kepada tim helpdesk UNBK

yang jumlahnya masih sangat sedikit dan minim fasilitas,” tegasnya.

Selanjutnya, Kemendikbud perlu mencetak dan membagikan buku pedoman teknis tersebut ke sekolah-sekolah bukan sekedar file yang sulit dibuka. Lalu, permudahlah sarana komunikasi dan informasi antara pusat dengan sekolah.

“Jadi, jika ada kendala tidak hanya di berikan melalui web UNBK yang tidak setiap saat dibuka, tetapi bisa melalui sarana Whatsapp maupun aplikasi lainnya,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://nashatakram.net/kalimat/