DEVINISI PIDATO LENGKAP

DEVINISI PIDATO LENGKAP

DEVINISI PIDATO LENGKAP

DEVINISI PIDATO LENGKAP
DEVINISI PIDATO LENGKAP

Pidato adalah

pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.
Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Pidato juga berarti kegiatan seseorang yang dilakukan di hadapan orang banyak dengan mengandalkan kemampuan bahasa sebagai alatnya.
Berpidato pada dasarnya merupakan kegiatan mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata (lisan) yang ditujukan kepada orang banyak dalam sebuah forum. Seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.
Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi, dan pernyataan tentang suatu hal atau peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.
Menurut Emha Abdurrahman dalam bukunya tehnik dan pedoman berpidato, pidato adalah penyampaian uraian secara lisan tentang sesuatu hal (masalah) dengan mengutarakan keterangan sejelas-jelasnya di hadapan massa atau orang yang banyak pada suatu waktu tertentu.
Menurut KBBI naskah adalah karangan yang masih ditulis dengan tangan yang belum diterbitkan,Suatu naskah atau manuskrip (bahasa Latin manuscript: manu scriptus ditulis tangan), secara khusus, adalah semua dokumen tertulis yang ditulis tangan, dibedakan dari dokumen cetakan atau perbanyakannya dengan cara lain. Kata ‘naskah’ diambil dari bahasa Arabnuskhatum yang berarti sebuah potongan kertas.

Baca Juga: Mukadimah

Fungsi Pidato

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1) Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan yang disarankan dengan suka rela,
2) Menyampaikan informasi dan atau suatu pemahaman kepada pendengarnya,
3) Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang disampaikan,
4) Mendidik,
5) Propaganda,
6) Penyambung lidah seseorang.
Dengan melihat beberapa fungsi pidato diatas maka seseorang dapat dengan lebih jelas menentukan sikap pada saat akan atau ketika sedang berpidato, bahkan dengan mengetahui manfaat tersebut seseorang yang berpidato dapat mengukur sendiri, apakah pidato yang dibawakannya itu berhasil ataukah gagal.