Definisi Software Requirement Specification Dalam RPL

Definisi Software Requirement Specification Dalam RPL

Definisi Software Requirement Specification Dalam RPL

Definisi Software Requirement Specification Dalam RPL
Definisi Software Requirement Specification Dalam RPL
Requirement adalah gambaran dari layanan (services) dan batasan bagi system yang akan dibangun. Atau requirement adalah pernyataan/gambaran pelayanan yang disediakan oleh system, batasan – batasan dari system dan bisa juga berupa definisi matematis fungsi – fungsi system.

Definisi persyaratan

  • Kondisi kemampuan yang dibutuhkan oleh pengguna untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan
  • Suatu kondisi atau kemampuan yang harus dipenuhi atau dimiliki oleh sistem untuk memenuhi kontrak, standar, spesifikasi, atau dokumen resmi lainnya yang dikenakan “Tujuan dari kegiatan persyaratan untuk menghasilkan Spesifikasi Persyaratan Software / software requirement spesification (SRS) yang menjelaskan apa perangkat lunak yang diusulkan harus melakukan tanpa menggambarkan bagaimana perangkat lunak akan melakukannya.

 

Software Requirement Specification yang baik

Tujuan dasar dari Software Requirement Specification (SRS) adalah untuk menjembatani kesenjangan komunikasi antara klien dan pengembang, sehingga mereka memiliki visi bersama tentang perangkat lunak yang akan dibangun.
Oleh karena itu, salah satu keuntungan utama dari SRS yang baik adalah :
  1. SRS menetapkan dasar kesepatakan antara Pengguna dan Pengembang Jadi, melalui SRS, klien secara jelas menggambarkan apa yang diharapkan dari pengembang.
  2. SRS menyediakan referensi untuk validasi produk akhir SRS membantu klien menentukan apakah perangkat lunak yang memenuhi persyaratan. Tanpa SRS yang tepat, tidak ada cara klien dapat menentukan apakah perangkat lunak yang disampaikan adalah apa yang diperintahkan, dan tidak ada cara pengembang dapat meyakinkan klien bahwa semua persyaratan telah dipenuhi.

 

Kebutuhan proses

Proses persyaratan adalah urutan kegiatan yang perlu dilakukan dalam fase persyaratan dan yang berujung pada menghasilkan dokumen berkualitas tinggi yang berisi SRS.Proses persyaratan biasanya terdiri dari tiga tugas dasar yaitu :

  1. Masalah atau analisis kebutuhan
  2. Persyaratan spesifikasi
  3. Validasi kebutuhan

Spesifikasi persyaratan

  • Fokus spesifikasi persyaratan adalah pada penetapan persyaratan dalam dokumen. Isu – isu seperti representasi, bahasa spesifikasi, dan alat – alat yang ditujukan pada kegiatan ini.
  • Mengatur dengan benar dan menjelaskan persyaratan adalah tujuan yang penting dari kegiatan ini.

Validasi persyaratan

Validasi Persyaratan berfokus untuk memastikan bahwa apa yang telah ditetapkan  dalam SRS adalah segala yang berkaitan dengan persyaratan perangkat lunak dan memastikan bahwa SRS berkualitas baik. Proses persyaratan berakhir dengan produksi SRS divalidasi.

Proses kebutuhan

Perangkat lunak harus memberikan bantuan dalam merepresentasikan dan mengakses file – file eksternal yang dibuat dengan alat bantu lain. Persyaratan Fungsional dan Non Fungsional, Persyaratan User, Persyaratan Sistem Dokumentasi, Persyaratan Perangkat Lunak RPL.
User harus diberi fasilitas untuk mendefinisikan jenis file eksternal. Setiap file eksternal bisa memiliki alat bantu relevan yang bisa diterapkan pada file tersebut. Setiap file eksternal bisa direpresentasikan sebagai ikon yang spesifik pada display user. Fasilitas harus disediakan untuk ikon yang merepresentasikan suatu jenis file eksternal yang akan didefinisikan oleh user. Ketika user memilih suatu ikon yang merepresentasikan file eksternal, efek pemilihan adalah penerapan alat bantu yang berhubungan dengan jenis file eksternal ke file yang direpresentasikan oleh ikon yang dipilih RPL.
Gambar ini menunjukkan bagaimana persyaratan user dapat diperluas menjadi beberapa persyaratan system. Persyaratan user harus ditulis untuk klien dan manajer kontraktor yang tidak memiliki pengetahuan teknis rinci mengenai system.o spesifikasi persyaratan sistemm harus ditunjukan bagi staf teknis senior dan manajer proyek. Spesifikasi ini akan dipakai dai klien dan kontraktor End-user system dapat membaca kedua dokumen ini. Yang terakhir, spesifikasi perancangan lunak merupakan dokumen yang berorientasi pada implementasi. Spesifikasi ini harus ditulis untuk perekayasa perangkat lunak yang akan mengembangkan system.
Persyaratan Fungsional
Pernyataan layanan tentang bagaimana sistem harus bereaksi terhadap input,  sistem harus berlaku pada situasi – situasi tertentu. Secara khusus menyatakan apa  yang tidak boleh  dilakukan sistem. Merupakan penjelasan tentang layanan yang perlu disediakan oleh system, bagaimana  system menerima dan mengolah masukan, dan bagaimana system mengatasi situasi – situasi tertentu. Selain itu kadang – kadang juga secara jelas menentukan apa yang tidak dikerjakan oleh system. Functional Requirement menggambarkan system requirement secara detail seperti input, output dan  pengecualian yang berlaku
Persyaratan Non Fungsional
Pernyataan tentang batasan layanan dan fungsi yang diberikan sistem. Karena berkaitan dengan kebutuhan system secara keseluruhan, maka kegagalan memenuhi kebutuhan jenis ini berakibat pada system secara keseluruhan. Contoh kebutuhan jenis ini adalah kecepatan  akses,  keamanan data, besarnya kapasitas penyimpanan yang diperlukan, privasi masing – masing  profil / account, bahasa pemrograman yang digunakan, system operasi yang digunakan.
Ada 3 jenis persyaratan non – fungsional :
  1. Product req
    Berkaitan dengan kehandalan, kecepatan, kemudahan digunakan, kapasitas memori yang  dibutuhkan dan efisiensi system.
  2. Organisasi req
    Berkaitan dengan standar, bahasa pemrograman dan metode rancangan yang digunakan.
  3. External req
    Berkaitan dengan masalah etika penggunaan, interoperabilitas dengan system lain, legalitas dan privasi.
Persyaratan Domain
Persyaratan yang datang dari domain aplikasi sistem dan merefleksikan karakteristik domain tersebut. User dapat mencari semua atau satu set awal database atau memilih subset darinya. Sistem akan menyediakan viewer yang sesuai bagi user untuk membaca dokumen pada penyimpanan (store) dokumen. Semua pemesanan diberi identifier yang unik (ORDER_ID) yang dapat di copy user ke area penyimpanan permanen untuk account tersebut.
Persyaratan Produk
persyaratan yang diambil dari spesifikasi produk, seperti persyaratan hardware  untuk mendukung kinerja. Persyaratan Organisasi yaitu persyaratan yang berasal dari kebijakan dan prosedur pada organisasi.
Persyaratan Eksternal
Persyaratan yang berasal dari faktor eksternal terhadap sistem dan proses pengembangannya.

Beberapa Macam Requirement

  • User Requirement (Kebutuhan Pengguna)
    Pernyataan tentang layanan yang disediakan system dan tentang batasan – batasan operasionalnya. Pernyataan ini dapat dilengkapi dengan gambar / diagram yang dapat dimengerti dengan mudah.
  • System Requirement (Kebutuhan Sistem)
    Sekumpulan layanan / kemampuan system dan batasan – batasan yang ditulis secara detail. System Requirement document sering disebut functional Specification (Spesifikasi Fungsional), menjelaskan dengan tepat dan detail. Ini bisa berlaku sebagai kontrak antara klien dan pembangun.
  • Software Design Specification ( Spesifikasi Rancangan Perangkat Lunak)Gambaran abstrak dari rancangan software yang menjadi dasar bagi perancangan dan implementasi yang lebih detail.

Sumber: https://www.ayoksinau.com/