Definisi Oedipus Complex

Definisi Oedipus Complex

Definisi Oedipus Complex

Definisi Oedipus Complex

Oedipus Complex

adalah sebutan untuk seorang anak lelaki yang mempunyai hasrat seksual yang besar terhadap ibunya dan merasa cemburu terhadap ayahnya sendiri. Istilah Oedipus Complex diambil dari sebuah legenda di Yunani, legenda Oedipus, seorang anak yang jatuh cinta kepada ibunya, setelah ia membunuh ayahnya. Pertama kali istilah ini digunakan oleh Sigmund Freud, seorang psikiatris kawakan dari Austria pada akhir tahun 1800-an.

pengertian oedipoes complex

adalah mitos Yunani kuno yang menceritakan baha karena perasaan cinta kepada ibunya, maka Oediploes membunuh ayahnya. Kejadian demikian itu berawal dari manusia primitif. Mereka bersekongkol untuk membunuh ayah yang berasal dalam masyarakt promiscutas. Setelah ayah mereka mati, maka timbullah rasa bersalah (sense of guilt) pada anak-anak itu. (Haji Jalaluddin) Baca juga: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/03/teks-proklamasi.html

Freud

Pada masa selanjutnya, Freud sedikit mengubah pandangannya dengan mengatakan bahwa untuk anak laki-laki sudah ada sejarah identifikasi dengan ayahnya yang tidak menyertakan persaingan dengannya. Lebih jauh, untuk anak perempuan Freud beranggapan bahwa hubungan dengan ibunya sebagai sangat penting untuk memahami perkembangan psikoseksualnya, yang mempengaruhinya dalam memasuki kompleks Oidipus.