CIRI-CIRI PERTUMBUHAN EKONOMI

CIRI-CIRI PERTUMBUHAN EKONOMI

CIRI-CIRI PERTUMBUHAN EKONOMI

CIRI-CIRI PERTUMBUHAN EKONOMI

1. TERJADI LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN PRODUK PER KAPITA YANG CEPAT

Nyatanya memang semakin pertumbuhan penduduk yang tinggi, dan didukung pula dengan perdagangan yang baik, maka pastilah akan memperkuat jaringan perdagangan pada sebuah negara tersebut. Dan tentunya akan semakin mempercepat pertumbuhan ekonomi. Dan ketika terjadinya ledakan produk perdagangan, maka inilah yang ingin diciptakan oleh sebuah negara tersebut.

Akan mengkhawatirkan ketika sebuah negara yang besar penduduknya namun hanya sedikit yang menjalankan aktifitas bisnis mandiri. Hal ini bisa terjadi dikarenakan ketika hanya sedikit pelaku bisnis pada sebuah negara tersebut, maka perputaran jaringan perdagangan akan semakin kecil. Oleh sebab itu, perlulah sebuah negara menjaga dengan benarĀ  agar tetap stabil pelaku dari sebuah aktifitas ekonomi mandiri.

2. ADANYA PENINGKATAN PRODUKTIFITAS MASYARAKAT

Pertumbuhan ekonomi tentunya akan meningkatkan produktifitas dari para masyarakatnya. Memang aktifitas yang tinggi dari perdagangan ekonomi akan menyerap banyak pegawai dari dalam negeri, dan dampaknya ialah akan semakin meningkatkan kesejahteraan dari para masyarakat. Maka berbanding lurus ketika pertumbuhan ekonomi baik, maka kesejahteraan masyarakat juga membaik.

Namun ketika ada perlambatan ekonomi, bisa dikarenakan terjadinya ketidakpastian akan bahan baku dari sektor luar negeri yang mengakibatkan, terjadinya perubahan jadwal dan tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, memaksimalkan jaringan dalam negeri akan semakin menguntungkan bagi para pelaku bisnis ekonomi mandiri.

3. TERJADI PERUBAHAN STRUKTURAL YANG TINGGI

Pola perdagangan yang telah berjalan memang akan sangat sulit untuk dirombak ataupun diganti. Namun tidak ada jalan lain ketika memang perdagangan ekonomi yang ada kurang maksimal, maka hendaknya memang secara struktural akifitas yang ada perlu untuk dirombak dan dirubah. Sehingga ketika adanya sebuah perubahan yang masif, tentunya ini salah satu opsi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Namun ketika memang secara struktural sulit untuk dirubah dan hanya bertahan secara diam saja, pastilah akan mengakibatkan kegagalan perdagangan ekonomi. Dan hasil yang akan nyata dirasakan ialah perlambatan pertumbuhan ekonomi.

4. MELAKUKAN EKSPANSI KE NEGARA MAJU

Banyak negara berkembang yang melakukan ekspansi kepada negara-negara maju yang mana tujuannya, agar membuka jalinan kerjasama yang saling menguntungkan antara negara penyedia investasiĀ  dengan pelaku bisnis ekonomi. Oleh sebab itu, memang hubungan antar negara ini sangatlah penting guna memupuk kepercayaan publik antar negara semakin dipercaya.

Akan sangat sulit ketika sebuah negara tidak mampu membuka peluang kerja sama dengan negara maju. Dan tentunya akan sangat sulit meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara lebih maksimal lagi, jika tidak sampa diketahui oleh negara maju. Oleh sebab itu, memaksimalkan periklanan dan pengenalan kepada para negara maju agar senantiasa tertarik dan menitipkan investasi, akan sangat baik.


Baca Juga :