Cara Menanam Tanaman Aquascape Yang Benar

Cara Menanam Tanaman Aquascape Yang Benar

Cara Menanam Tanaman Aquascape Yang Benar

Cara Menanam Tanaman Aquascape Yang Benar
Cara Menanam Tanaman Aquascape Yang Benar

Bagaimana cara menanam tanaman aquascape yang benar? Eksistensi aquascape memang tidak bisa dilepaskan dari tanaman air. Bahkan eksistensi tanaman air yang menciptakan panorama tertentu ini jauh lebih penting dibandingkan dengan ikan-ikan hias di dalam aquarium. Namun jangan mengaku pencinta aquascape jikalau Anda belum bisa menanam tanaman air ini sendiri.

Penanaman tanaman aquascape memang sangat sukar. Saking sulitnya kami bahkan berani mengatakan jikalau membudidayakan tanaman di darat jauh lebih mudah dibandingkan dengan menanam tumbuhan aquascape. Anda harus memperhatikan faktor-faktor pendukung dengan baik. Oleh alasannya itu, Anda bakal mencicipi sensasi yang sulit dilupakan jikalau berhasil menanam tanaman tersebut.

ikan cupang – Pada kesempatan kali ini, kita akan mencar ilmu bagaimana menanam moss. Yap, moss merupakan tanaman air yang paling mudah dipelihara. Kaprikornus bila Anda sudah sukses membudidayakan moss sendiri, kita akan berlanjut pada tutorial aquascape yang lebih sulit.

 

Alat dan Bahan :

  • Tanaman moss (java, fire, peacock, atau chrismast)
  • Batu, ranting kayu, atau kepingan genteng
  • Benang transparan atau senar dengan warna menyesuaikan warna moss
  • Gunting

 

Langkah-langkah :

  • Ratakan beberapa tanaman moss di atas permukaan watu atau kayu. Usahakan biar tanaman diletakkan dengan posisi yang sejajar, bukan ditumpuk. Jika Anda menumpuk moss tersebut, maka tanaman yang tidak bisa menerima cahaya lampu akan mengering.
  • Setelah hamparan moss sudah cukup rata, Anda bisa mengikatnya menggunakan benang dengan bentangan yang zig-zag. Ikatan zig-zag dipilih alasannya bisa mengikat tanaman secara berpengaruh dengan kebutuhan benang yang relatif sedikit. Sehingga moss akan menempel secara tepat ke permukaan bidang dan tidak melayang.
  • Cek sekali lagi bahwa tanaman moss sudah terikat dengan benar. Tahap selanjutnya, Anda bisa memasukkan tanaman ini ke dalam aquarium. Letakkan aquarium di daerah yang bisa menerima sinar matahari pribadi dalam waktu minimal 5 jam. Usahakan suhu air di bawah 29 derajat celsius.
  • Tanaman moss biasanya akan tumbuh subur pada usia 1-2 bulan semenjak penanaman. Setelah tanaman sudah tampak rimbun, Anda bisa memasukkan beberapa ikan hias ke dalam aquascape tersebut.

 

Agar Anda berhasil dalam menanam tanaman aquascape, perhatikan faktor-faktor sebagai berikut :

  • Tanaman air pada dasarnya bisa dipelihara di banyak sekali ukuran tank. Namun untuk menunjang keindahannya, disarankan memakan aquarium dengan lebar minimal 30 cm.
  • Air yang digunakan sesuai dengan habitat alami tanaman. Khusus untuk tanaman yang biasa hidup di air tawar, Anda tetap bisa menggunakan air PAM namun harus didiamkan terlebih dahulu selama 24 jam.
  • Cahaya diharapkan untuk mendukung proses fotosintesis. Khusus untuk aquascape indoor, Anda bisa memasang lampu dengan besar sinar yang sesuai ukuran tangki. Misalnya tangki yang berukuran 30 cm sebaiknya dilengkapi dengan lampu bertenaga 11 watt.
  • Tanaman moss tetap akan tumbuh tanpa komplemen pupuk. Kaprikornus dukungan pupuk organik cair bersifat opsional.
  • Tumbuhan moss juga tetap bisa hidup dengan atau tanpa karbon dioksida. Namun untuk hasil yang maksimal, kami tetap menyarankan untuk memasang alat penghasil CO2.
  • Suhu yang ideal bagi moss terletak di bawah 29 derajat celsius. Idealnya berkisar antara 27-28 derajat celsius. Terkecuali untuk java moss masih bisa hidup di suhu lebih dari 30 derajat celsius.
  • Moss akan tampak lebih mengagumkan apabila ditanam dengan membentuknya menjadi sebuah karpet. Anda bisa mengikatkan moss tersebut dengan batu, kayu, genteng, dan lain-lain.