Cara Memulai Ternak Ikan Lele

Cara Memulai Ternak Ikan Lele

Cara Memulai Ternak Ikan Lele

Cara Memulai Ternak Ikan Lele
Cara Memulai Ternak Ikan Lele

Langkah mengawali ternak ikan lele yaitu garis-garis besar langkah mengawali beternak ikan khususnya ikan lele, sekarang ini yang paling popular yaitu ternak lele sangkuriang. Keunggulan dari sangkuriang ini yaitu ketahanannya pada beragam jenis penyakit dan kecepatan pertumbuhannya yang mempesona.

Memahami Perkembangan Ikan lele Sangkuriang

Perkembangan lele sangkuriang ini cepat, dalam 3 bulan seseorang peternak telah bisa lakukan panen ikan lele ukuran yang baik untuk di jual di pasar. Bibit lele sangkuriang gampang diperoleh, nyaris seluruhnya balai benih ikan punya pemerintah daerah jual bibit ikan lele sangkuriang ini. Harga bibit ikan lele sangkuriang juga terhitung murah dimulai dari Rp 50/ekor.

Langkah mengawali budidaya ternak ikan lele ini nyaris sama juga dengan ternak lele jumbo, yang diperlukan yaitu seperti berikut :

  • Lahan yang akan dijadikan kolam untuk ternak lele sangkuriang, 1 m bujursangkar idealnya bisa menampung 200 bibit ikan lele. Wadah, wadah disini dalam artian anda ingin memlihara lele di tempat yang bukan kolam, seperti drum, tong, bak dan sebagainya, aturan ukuran idealnya tetap sama dengan memelihara lele di kolam.
  • Air yang mengandung plankton untuk pakan ikan lele terutama untuk benih yang baru masuk kolam. Cara mendapatkan air yang mengandung plankton ini dibutuhkan pemupukan kolam dan pemberian kompos kotoran ruminansia yang direndam selama seminggu hingga warna air berubah menjadi kehijauan.
  • Atap, ternak lele sangat membutuhkan atap yang melindungi kolam lele dari masuknya air hujan. Air hujan memiliki kandungan asam yang tidak baik untuk kesehatan ternak lele, biasanya di kolam terbuka tingkat kematian ikan lele lebih tinggi daripada kolam yang tertutup atap.
  • Bibit lele sangkuriang yang sehat, setiap membeli bibit ikan lele perhatikan kondisi bibit ikan tersebut, yang perlu diperhatikan adalah gerakan bibit, sebaiknya gerakan bibit ikan terlihat lincah dan normal, badan yang sempurna; perhatikan seluruh badan bibit ikan lele apaka terdapat lecet-lecet atau tidak, biasanya bibit ikan lele yang dikirim dari jarak jauh sering kita temukan lecet pada sekujur tubuh bibit lele seperti ini kualitasnya tidak baik.
  • Pakan, pakan harus disiapkan sedini mungkin baik dalam betuk pelet ataupun konsentrat yang dibuat sendiri.

Deskripsi singkat memulai ternak lele

Buat persiapan tempat untuk beternak (kolam atau tong atau drum), sterilisasi kolam ikan itu dengan disinfektan kemudian biarlah bakalan kolam ikan lele selama 3 hari dalam situasi kering, kerjakan pemupukan serta peng-komposan dengan kotoran sapi biarlah kering sepanjang 3 hari, setelah itu isi air serta biarlah sepanjang satu minggu sampai air beralih warna hijau kehitaman yang mengisyaratkan telah ada banyak jasad renik untuk pakan bibit ikan lele. Sesudah satu minggu masukkan bibit ikan lele kedalam kolam serta dengan cara teratur pantau perkembangan ikan lele itu dan kontrol pemberian pakan.
Tulisan ini memang kami bikin singkatnya supaya pembaca bisa mengerti rencana basic ternak lele serta tak jemu dalam membacanya. Sekian saja dari admin, dan terimakasih semoga sukses selalu buat anda. Untuk artikel budidaya hewan yang lain silahkan buka artikel berkategori Budidaya.