Buku Rusak di Makan Rayap

Buku Rusak di Makan Rayap

Buku Rusak di Makan Rayap

Buku Rusak di Makan Rayap
Buku Rusak di Makan Rayap

Sejumlah buku perpustakaan di SDN Jatisari III rusak di makan rayap.

Buku yang rusak terpaksa dibuang karena sudah tak dapat dibaca.

Kepala Sekolah SDN Jatisari III, Nurwanto, mengeluhkan kondisi perpustakaan di sekolah yang dipimpinnya. Pasalnya, setiap turun hujan air selalu masuk ke ruang perpustakaan.

”Ini bukan tempat perpustakaan, karena tempatnya kecil dan tidak memadai. Terus ruangannya juga bocor, jadi kalo turun hujan suka rembes ke dalam,” ujar Nurwanto, Rabu (7/8).

Akibatnya, ruangan perpustakaan menjadi lembab. Alhasil, rayap bersarang di buku-buku. Pihak sekolah sudah berusaha membersihkan ruangan, namun rayap tak bisa hilang.

Pada bulan ini, terdapat 50 buku bacaan terpaksa dibuang karena rusak di makan rayap

. Agar tak banyak lagi buku yang dibuang, pihaknya berharap perbaikan gedung perpustakaan.
”Kita ingin memiliki ruangan yang layak agar minat baca siswa juga semakin meningkat. Kalau ruangannya begini, siswa juga malas berkunjung ke perpustakaan dan akhirnya minat baca siswa jadi menurun,” ujarnya.

Meskipun diakuinya keberadaan perpustakaan sekolah ini masih aktif.

Setiap harinya 5-10 siswa rutin berkunjung untuk mencari buku. Namun mereka tak bisa membaca di ruangan karena kondisi yang cukup memprihatinkan tersebut.

”Kalau dibilang masih aktif, memang masih aktif. Tapi ruangannya nggak bisa buat siswa baca ditempat. Jadi siswa ngambil buku terus bacanya diluar ruangan,” tukasnya.

Salah satu siswa, Alif, mengaku jarang berkunjung ke perpustakaan karena kondisi ruangan yang kurang nyaman. Selain itu, buku yang tersedia tak tertata dengan rapih.

”Ke perpustakan jarang karena tempatnya nggak gede, jadi nggak bisa duduk. Terus bukunya juga ke campur-campur, jadi males nyari-nyarinya,” ujar Alif.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/