BlueFrag: Kerentanan Android Bluetooth memungkinkan akses tanpa izin

BlueFrag Kerentanan Android Bluetooth memungkinkan akses tanpa izin

BlueFrag: Kerentanan Android Bluetooth memungkinkan akses tanpa izin

 

BlueFrag Kerentanan Android Bluetooth memungkinkan akses tanpa izin
BlueFrag Kerentanan Android Bluetooth memungkinkan akses tanpa izin

Jika Anda masih menggunakan smartphone Android lama, akan lebih baik untuk segera mempertimbangkan

membeli model yang lebih baru. Peneliti keamanan ERNW telah mengidentifikasi dan menganalisis kerentanan baru yang disebut BlueFrag. Mengambil keuntungan dari kerentanan ini, malware dapat diinstal yang dapat mencuri data dari ponsel cerdas yang menjalankan Android 8 Oreo atau Android 9 Pie .

Betapa mudahnya untuk istirahat
Penyerang, yang mengeksploitasi BlueFrag, hanya perlu tahu alamat Bluetooth MAC , yang dapat dengan mudah dia tebak beberapa kali jika dia tahu alamat MAC WiFi smartphone.

Selain itu, ketika penyerang memiliki MAC Bluetooth yang dapat digunakannya, ia dapat terhubung ke telepon pintar. Padahal, menurut ERNW, korban bahkan tidak menyadari bahwa seseorang telah melanggar ponselnya.

Elemen yang paling penting adalah bahwa BlueFrag tidak berfungsi pada Android 10. Menurut para peneliti, kerentanan hanya terjadi pada Android 8 dan Android 9, sementara mereka belum memeriksa apakah versi sistem operasi yang lebih lama terpengaruh.

Siapa yang rentan terhadap kerentanan?

Maklum, satu-satunya masalah ERNW adalah bahwa mereka belum memutakhirkan ponsel cerdas mereka ke Android 10 , atau pabrikan belum merilis pembaruan, atau mereka menggunakan model yang lebih lama .

Google bahkan mewajibkan produsen paling populer untuk menawarkan pembaruan keamanan setidaknya selama 2 tahun . Ini adalah sesuatu yang tampaknya diterapkan perusahaan smartphone sejauh ini.

Android 8 sudah sangat tua dan smartphone yang menggunakannya telah berkurang secara signifikan. Namun, banyak smartphone yang masih menjalankan Android 9. Sayangnya, tidak semua produsen memiliki kemampuan untuk segera memperbarui smartphone mereka.

Bagi mereka yang memiliki smartphone yang lebih tua, solusi paling cepat adalah mematikan Bluetooth. Lebih dari

itu, yang dapat Anda lakukan adalah memperhatikan smartphone yang Anda beli dan menginstal pembaruan keamanan yang disediakan oleh pabrikan mereka segera.

Baca Juga: