Belajar Tajwid_Ghunnah Musyaddah

Belajar Tajwid_Ghunnah Musyaddah

Belajar Tajwid_Ghunnah Musyaddah

Belajar Tajwid_Ghunnah Musyaddah
Belajar Tajwid_Ghunnah Musyaddah

Ghunnah Musyaddadah ( غُنَّةُ مُشَدَّدَةٌ )

Ghunnah Musyaddadah adalah hukum tajwid yang berlaku apabila huruf Mim dan Nun dalam keadaan bertasydid ( نّ / مّ ) .

Ghunnah artinya dengung; suara yang terdengar jelas dan nyaring yang keluar dari pangkal hidung (khaisyum)

Musyaddadah artinya bertasydid

Tasydid yang ada di dalam Ghunnah Musyaddadah adalah Tasydid Ashli , bukan Tasydid Hukum sebagaimana yang ada di dalam Hukum Idgham Bighunnah atau Bilaghunnah.

Cara membaca Ghunnah Musyaddadah adalah membaca terlebih dahulu HURUF sebelum MIM/NUN bertasydid ( نّ / مّ ) , kemudian HURUF tersebut masuk ke tanda tasydid ( نّ / مّ) –  lalu huruf   نّ / مّ langsung didengungkan secara jelas ke pangkal hidung (khaisyum), sekitar 1 1/2 Alif atau sekitar 2 – 3 harakat.

sehingga ada alunan innn.. / unnn… / annn…

atau immm.. / ummm.. / ammm..

Di dalam Al-Quran, Ghunnah Musyaddadah dapat berada di awal ayat, di tengah ayat, maupun di ujung ayat.

Contoh:                      بِرَ بِّ النَّا سِ ,  ثمّ , ِإنّ

Hukum Bacaan Tajwid Qolqolah Sugro dan Kubro + Contohnya

Belajar Tajwid_Hukum Bacaan Tajwid Qolqolah Sugro dan Kubro dan Contohnya

qur’an

Untuk mengingat kembali pelajaran tajwid tentang pengertian dan macam – macam qolqolah di sekolah , tidak ada salahnya jika saya share kepada sahabat sekalian di blog ini , meskipun sudah ada yang mengshare sebelumnya.  Agar teman – teman yang belom tahu hukum bacaan mad agar bisa mempelajarinya dan menerapkan dalam membaca Al-Qu’an.

Pengertian Qalqalah

Pengertian Qalqalah secara bahasa Artinya gerak, getaran suara, memantul, mengeper. Sedangkan menurut istilah Qalqalah adalah membunyikan dengan suara yang berlebih dari makhraj hurufnya. Qalqalah berlaku bila huruf qalqalah itu mati, atau mati karena waqaf (dihentikan). Qalqalah Jika kita baca, bunyinya tidak terus menghilang, melainkan masih terdengar perlahan-lahan.

Huruf Qalqalah

Huruf Qalqalah ada 5 , kalau guru saya mengatakanya TOKO DI BAJU untuk mempermudah mengingatnya , diantaranya yaitu:  ق ط ب ج د

Pembagian Hukum Bacaan Qolqolah

Qolqolah di bagi menjadi 2 yaitu Qolqolah Kubro dan Qolqolah Sughro

Qalqalah Sughra (قلقله صغرى)

Sugra artinya kecil. Qalqalah sugra terjadi apabila huruf qalqalah itu mati (sukun) pada kata asalnya (pada umumnya terletak ditengah-tengah kata). Cara membaca Qalqalah tersebut yaitu dengan pantulan tidak terlalu kuat.

      Contohnya :

يَقْطَعُوْنَ – يَطْمَعُوْنَ –يَبْغُوْنَ – يَجْعَلُوْنَ – يَدْعُوْنَ

Qalqalah Kubra (قلقله كبرى)

Kubra artinya besar. Qalqalah kubra, terjadi apabila huruf qalqalah yang mati bukan pada asalnya. Huruf itu mati karena dihentikan atau diwaqafkan dan berada pada akhir kata. Cara membacanya harus lebih mantap dengan memantulkan suara dengan pantulan yang kuat.

Contohnya :

ق : قُلْ اَعُوْذُبِربِّ اْلفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2)

Ada sebagian yang berpendapat, bahwa selain dua bacaan qolqolah di atas, terdapat satu hukum pembagian qolqolah, yaitu Qolqolah Kabir.

Qolqolah Kabir yaitu apibila ada huruf qolqolah yang mati di akhir kalimat sebab diwaqofkan dan huruf qolqolah tersebut menerima tanda tasydid/syiddah maka, cara membacanya tidak langsung dipantulkan, melainkan ditahan terlebih dahulu.

Contohnya :  وَتَبَّ (al-lahab:1).

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/tata-cara-sholat-tahajud-niat-doa-dan-keutamaan-lengkap/