Bagaimana cara kerja Internet?

Bagaimana cara kerja Internet

Bagaimana cara kerja Internet?

 

Bagaimana cara kerja Internet
Bagaimana cara kerja Internet

Artikel yang sedang Anda baca saat ini telah menempuh ribuan mil dari pusat data google untuk mencapai Anda. Kita akan melihat bagaimana internet bekerja dan kami akan mencari tahu detail perjalanan yang menakjubkan dari data ini. Sebuah data center , yang dapat ribuan mil jauhnya dari rumah Anda, menjadi tuan rumah konten yang Anda buat. Cara mudah untuk mencapai ini adalah dengan menggunakan satelit, dari pusat data, sinyal dapat dikirim ke satelit melalui antena, lalu dari satelit, sinyal dapat dikirim ke ponsel Anda melalui antena lain di dekat Anda, namun, cara mentransmisikan sinyal ini bukan ide yang baik.

Satelit di orbit sekitar 35400 Km atau 22000 mil di atas khatulistiwa bumi, sehingga agar pengiriman data berjalan lancar, data harus menempuh jarak total 70800 Km atau 44000 mil, jarak tempuh seperti itu menyebabkan penundaan yang signifikan dalam penerimaan sinyal, lebih tepatnya itu menyebabkan latensi besar, yang tidak dapat diterima untuk sebagian besar aplikasi internet. Jika konten ini tidak menjangkau Anda melalui satelit, lalu bagaimana caranya? Ini dilakukan melalui jaringan kabel serat optik yang rumit, yang menghubungkan pusat data dengan perangkat Anda. Ponsel Anda dapat terhubung ke internet melalui data seluler atau router wifi apa pun , tetapi pada titik tertentu, ponsel Anda akan terhubung ke jaringan kabel serat optik ini .

Pusat Data

Item yang Anda baca sekarang, disimpan di pusat data, lebih tepatnya, disimpan di perangkat penyimpanan di pusat data SSD, SSD ini bertindak seperti memori internal server. Server hanyalah sebuah komputer yang kuat, yang tugasnya mengirimi Anda konten yang tersimpan ketika Anda memintanya, tugas yang paling sulit sekarang adalah mengirimkan data yang disimpan dalam pusat data, terutama ke perangkat Anda melalui jaringan kompleks kabel serat optik.

Prinsip dasar tentang cara kerja alamat IP
Setiap perangkat yang terhubung ke Internet, baik server, komputer atau ponsel, diidentifikasi secara unik oleh serangkaian angka yang disebut alamat IP. Anda dapat mempertimbangkan alamat IP yang mirip dengan alamat rumah Anda, yaitu alamat yang secara unik mengidentifikasi tempat tinggal Anda, semua surat yang dikirimkan kepada Anda, mencapai Anda justru karena alamat pos Anda, demikian pula di internet alamat IP address cert untuk pengiriman semua informasi ke tujuan mereka.

Penyedia layanan internet Anda akan menentukan alamat IP perangkat Anda, dan Anda dapat melihat alamat IP mana yang telah ditetapkan oleh penyedia layanan internet Anda untuk ponsel Anda, atau laptop Anda dengan menulis di bilah pencarian google kata kunci “alamat IP saya” .

Server di pusat data juga memiliki alamat IP, server host situs web, yang berarti Anda dapat mengakses situs web apa pun hanya dengan mengetahui alamat IP server, namun, sulit bagi seseorang untuk mengingat begitu banyak alamat IP .

Untuk mengatasi masalah ini, nama domain, seperti youtube.com, facebook.com, dll, digunakan untuk mencocokkan

alamat IP, sehingga memudahkan kita untuk mengingat nama daripada urutan panjang nomor domain.

Perlu juga dicatat bahwa server memiliki kapasitas untuk menyimpan beberapa situs web, dan jika server meng-host beberapa situs web, tidak semua situs web dapat diakses dengan alamat IP server, dalam hal ini informasi tambahan, header host digunakan untuk secara unik mengidentifikasi situs web, namun untuk situs raksasa seperti facebook.com atau youtube.com, seluruh infrastruktur pusat data akan didedikasikan untuk menyimpan situs tersebut, untuk mengakses internet kami selalu menggunakan nama domain, bukan alamat IP yang kompleks.

dns-ip
Dari mana alamat IP yang sesuai dengan nama domain berasal?
Untuk ini, internet menggunakan buku telepon besar, yang dikenal sebagai DNS, jika Anda tahu nama seseorang, tetapi Anda tidak tahu nomor telepon mereka, Anda dapat menemukannya di buku telepon, server DNS menyediakan layanan yang sama untuk internet, penyedia layanan internet Anda atau organisasi lain dapat mengelola server DNS.

Mari meringkas seluruh operasi, Anda memasukkan nama domain, browser mengirim permintaan ke server DNS untuk mendapatkan alamat IP yang sesuai , setelah mendapatkan alamat IP, browser Anda hanya mengirimkan permintaan ke pusat data, lebih khusus ke server terlibat, begitu server menerima permintaan untuk mengakses situs web tertentu, aliran data dimulai.

Data ditransfer dalam format digital melalui kabel serat optik , lebih tepatnya dalam bentuk impuls cahaya. Impuls cahaya ini terkadang harus menempuh jarak ribuan kilometer melalui kabel serat optik untuk mencapai tujuan mereka. Selama perjalanan mereka, mereka sering harus melintasi medan yang sulit, seperti daerah pegunungan atau dasar laut. Beberapa perusahaan internasional, seperti AT&T, Orange, Verizon Google, meletakkan dan memelihara jaringan kabel optik ini.

serat-optik-kapal selam

Peletakan kabel serat optik dilakukan menggunakan kapal khusus, pisau dilemparkan jauh ke laut dari kapal, dan

pisau ini menciptakan parit di dasar laut, di mana kabel serat optik ditempatkan, pada kenyataannya, kabel optik yang kompleks ini jaringan adalah tulang punggung jaringan Internet, kabel serat optik ini, yang membawa cahaya, diletakkan di dasar laut dan bawah tanah ke depan pintu Anda, di mana mereka terhubung ke router. Router mengubah sinyal cahaya menjadi sinyal listrik, kabel Ethernet kemudian digunakan untuk mengirimkan sinyal listrik ke komputer Anda. Namun, jika Anda mengakses internet menggunakan data seluler, sinyal harus dikirim dari kabel optik ke menara ponsel, dan dari sana sinyal mencapai ponsel Anda sebagai gelombang elektromagnetik.

Karena internet adalah jaringan global, menjadi penting untuk memiliki organisasi untuk mengelola hal-hal seperti penugasan alamat IP, pendaftaran nama domain, dll. Semua ini dikelola oleh lembaga bernama ICANN ” Internet Corporation Untuk Nama dan Nomor yang Ditugaskan ” yang terletak di Amerika Serikat. Salah satu hal paling luar biasa tentang internet, dan efisiensinya dalam pengiriman data, dibandingkan dengan teknologi komunikasi seluler dan terestrial. Artikel ini yang Anda baca dari pusat data google, dikirimkan kepada Anda seperti sejumlah besar 0 dan 1. Apa yang membuat transfer data melalui Internet menjadi efisien adalah cara 0s dan 1s ini dipotong kecil-kecil, disebut paket, dan kemudian dikirim.

Misalkan aliran 0s dan 1s ini dibagi menjadi beberapa paket oleh server, di mana setiap paket terdiri dari 6 bit, selain bit artikel, setiap paket juga termasuk nomor urut dan alamat IP dari server dan telepon Anda . Dengan informasi ini paket-paket dialihkan ke ponsel Anda, maka tidak perlu bagi semua paket untuk melalui jalur yang sama, dan setiap paket secara mandiri mengambil jalur terbaik yang tersedia saat itu. Ketika paket tiba di ponsel Anda, mereka dipasang kembali sesuai dengan nomor urut mereka, jika paket tidak mencapai telepon Anda, pemberitahuan dikirim oleh ponsel Anda, untuk mengembalikan paket yang hilang.

Bandingkan ini dengan jaringan pos dengan infrastruktur yang baik, tetapi dengan klien yang tidak mengikuti aturan

dasar mengenai alamat tujuan. Dalam skenario ini surat-surat tidak akan dapat mencapai tujuan yang tepat, juga di internet, kami menggunakan protokol yang disebut untuk mengelola aliran paket data yang kompleks ini. Protokol mendefinisikan aturan untuk mengkonversi paket data, melampirkan sumber dan alamat tujuan untuk setiap paket, aturan untuk router, dll, untuk aplikasi yang berbeda protokol yang digunakan berbeda. Beginilah cara internet bekerja, terutama perjalanan luar biasa dari paket data dari pusat data ke ponsel cerdas atau komputer Anda.

Baca Juga: