Archetype dan Pilihan

Archetype dan Pilihan

Archetype dan Pilihan’

Archetype dan Pilihan
Archetype dan Pilihan

Archetype secara umum mengkomunikasikan apa keinginan terdalam dan terdasar dari individu dan dasar motivasi apa yang membuat individu tersebut melakukan sesuatu, dan archetype juga menggambarkan tujuan dan maksud dari hidup seseorang. Walaupun pada dasarnya dalam hidup manusia archetype hanya 12, namun setiap individu mempunyai cara pengekspresian dan gaya yang berbeda dan unik, misalnya seseorang adalah warrior, warrior dalam diri individu A akan berbeda dengan dalam individu B, misalnya dalam individu A adalah warrior berupa relawan di LSM, sedangkan individu B merupakan warrior berupa ibu yang berjuang menjaga anaknya dari kelaparan, dan kedinginan. Kesemuanya adalah Warrior dengan gaya, jubah, dan tujuan yang berbeda. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh budaya, setting lingkungan, dan sejarah dari individu tersebut.

Archetype adalah merupakan acuan keinginan dan kebutuhan terpenting dan terdasar individu, dan tujuannya tergantung dari archetype apa yang dominan, hal ini yang akhirnya menjadi dasar motivasi, dan acuan individu dalam melihat sesuatu, mempertimbangkan sesuatu dan akhirnya memutuskan untuk melakukan sesuatu. Di sini nampak bahwa archetype mempengaruhi cara berpikir, dan memandang seseorang, oleh karena itu archetype dekat hubungannya dengan pilihan dalam hidup.

Pengukuran Archetype
PMAI (Pearson-Marr Archetype Indicator Instrument) merupakan salah satu alat ukur archetype terstandard untuk mengukur archetype, dan dinilai lebih efektif dan efisien dalam mengukur 12 archetype, lebih mudah dan cepat diandministrasikan, dan juga bahasa dan kata-kata yang digunakan lebih mudah dimengerti. PMAI terdiri dari 72 pertanyaan yang menggambarkan beberapa orang dengan singkat. Subjek harus menjawab seberapa sesuai dirinya dengan orang tersebut. Jawaban diberikan dalam bentuk skala likert, yaitu skala yang terdiri dari beberapa pilihan jawaban dengan derajat intensitas dari sangat sesuai sampai sangat tidak sesuai. Jika individu menjawab 1 untuk item tersebut artinya archrtpe yang diukur oleh item tersebut adalah rendah, semakin besar jawaban individu semakin aktif archetype pada item tersebut, jawaban tertinggi adalah 5. Skoring akan dilakukan dengan menjumlahkan jawaban individu per domain, sehingga didapatkan domain yang mempunyai nilai lebih tinggi daripada domain lainnya, menunjukkan bahwa archetype individu pada domain tersebut lebih dominan daripada archetype pada domain lainnya.

Sumber : https://galleta.co.id/