Analisis ATM

Analisis ATM

Analisis ATM

Analisis ATM
Analisis ATM

 Analisis ATM Bank DKI

Aspek – aspek yang dianalisis antara lain :

Correctness

  • Kelengkapan informasi

Pada ATM Bank DKI informasi yang ada antara lain, jika telah selesai melakukan transaksi maka ada konfirmasi yang menyatakan transaksi berhasil dan transaksi selesai , informasi sisa saldo akan muncul jika selesai melakukan transaksi, informasi sisa saldo juga bisa dilihat dengan menggunakan kartu ATM tanpa harus melakukan transaksi, struk transaksi akan keluar jika telah selesai melakukan transaksi, tetapi tidak ada nomer yang dapat dihubungi jika terjadi masalah, seperti kartu tertelan.

  • Fitur tambahan

Terdapat keterangan sisa saldo pada bagian bawah struk transaksi dan berita – berita terbaru mengenai pengguna ATM.

 

Reliability

  • ATM online 24 jam

ATM Bank DKI beroperasi selama 24 jam.

  • Keragaman layanan

Terdapat layanan pembayaran flexi trendy, pembayaran telepon, speedy, PLN, PBB, pembelian pulsa antara lain Mentari, Matrix, Halo, Simpati, Mobile 8, dan XL, transaksi valuta asing, terdapat layanan transfer sesama DKI dan antar bank yang termasuk ATM bersama, tetapi tidak bisa debet card.

  • Jaringan ATM

tergabung dalam jaringan BPD Net online, jackcard, Western union, dan Samsat Drive Thru,

  • Fasilitas ATM bersama

Tergabung dalam ATM bersama.

  • Penanganan error

Jika ketersedianan uang habis di ATM akan muncul pesan ketika melakukan transaksi, seperti jika uang di ATM tidak mencukupi untuk transaksi maka akan muncul pesan saat ini uang tidak tersedia.

 

Efficiency

  • Kecepatan transaksi

Dibandingkan dengan dua ATM yang dianalisis, yaitu ATM MAndiri dan ATM BRI, kecepatan transaksi ATM DKI lebih lama dibandingkan ATM Mandiri dan ATM BRI.

Usability

  • Kemudahan penggunaannya

terdapat panah yang mengarah ke tombol dan setiap tahapan – tahapannya jelas. Dimulai dari opening yang berisi informasi ATM kepada pengguna, pemilihan bahasan, informasi keragaman layanan, konfirmasi untuk masukan PIN, menu pengambilan tunai, menu utama. Terdapat konfirmasi kesalahan memasukan PIN, jika PIN yang dimasukan salah tidak akan bisa masuk ke menu utama atau pemilihan paket penarikan.

  • communicativeness

terdapat dua pemilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan tidak ada peringatan untuk mencabut kartu setelah transaksi.

  • Petunjuk penggunaan

Terdapat petunjuk penggunaan berupa teks.

Integrity

  • Security

Tidak terdapat pengingat penggantian PIN pada menu awal atau ketika ATM pertama kali dibuka dan tidak ada penutup tombol.

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/